MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2017-10-19 00:42 WIB

Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran

<p>Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, akan menindaklanjuti paparan Asisten Komisioner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan Komisi...

Banjir Solok

Sembilan Nagari Terendam Air

AI Mangindo Kayo | Jumat, 31-10-2014 | 16:14 WIB | 1114 klik | Kota Solok
<p>Sembilan Nagari Terendam Air<p>

Personel Polri melakukan evakuasi murid SD yang terjebak banjir, akibat meluapnya Batang Lembang di

VALORAnews - Batang Lembang meluap akibat hujan lebat yang mengguyur Kota Solok dan sekitarnya dua hari terakhir. Luapan Batang Lembang itu, merendam 9 nagari di sejumlah kecamatan yang ada di Kota Solok dan Kabupaten Solok, Jumat (31/10). Puluhan ribu rumah terendam air setinggi leher orang dewasa, ribuan warga terpaksa mengungsi. Selain itu, ratusan hektare areal persawahan juga direndam air. Sejumlah jalan, juga tak bisa dilalui karena tingginya genangan air.

Meluapnya Batang Lembang dipicu hujan deras yang mengguyur kawasan Solok sepanjang Kamis (30/10) hingga Jumat (31/10) pagi. Air yang tak mampu diserap oleh tanah, akhirnya tumpah ke pemukiman warga. Petugas penyelamatan, mulai dari Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), kepolisian hingga relawan langsung melakukan evakuasi terhadap warga yang terjebak banjir dengan menggunakan perahu karet dan pelampung.

Data BPBD Kabupaten Solok, ada Kecamatan Kubung dan Kecamatan Bukit Sundi menjadi daerah terparah, yang dilanda banjir. Selain merendam pemukiman masyarakat, sejumlah sekolah di kecamatan Kubung juga terendam banjir. Sekolah yang terendam banjir diantaranya SMAN 1 Kubung, SMPN 1 Kubung, SDN 21 Kubung, dan SDN 24 Kubung. Kantor Polsek Kubung juga tidak luput dari genangan air.


Sedikitnya belasa ribu warga di Nagari Muaro Paneh, Nagari Koto Baru,Nagari Salayo terpaksa diungsikan, karena tak ada tanda-tanda banjir akan surut.

Hingga siang, sejumlah petugas masih berupaya mengevakuasi warga yang terjebak di rumah. Para pelajar yang sekolahnya terkena dampak banjir terpaksa di liburkan. Di SMAN 1 Kubung, para pelajar yang telah berada di sekolah mereka pagi itu sempat terjebak oleh banjir yang merendam sekolah mereka. (kyo)

Komentar

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker