MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-10-21 22:15 WIB

Kampung Durian Miliki Posyandu Remaja

<p>Kampung Durian Miliki Posyandu Remaja<p>

VALORAnews - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengapresiasi Posyandu Remaja Kampung Durian. Karena, Posyandu Remaja ini adalah...

Data Podes jadi Acuan Pemerintah Pusat untuk Salurkan DAK dan DAU

AI Mangindo Kayo | Rabu, 25-04-2018 | 21:13 WIB | 155 klik | Kota Padang
<p>Data Podes jadi Acuan Pemerintah Pusat untuk Salurkan DAK dan DAU<p>

Kepala BPS Padang, Rizal memberikan arahan pada sosialisasi Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018, di Aula kantor Camat Lubuak Bagaluang, Selasa (24/4/2018). (humas)

VALORAnews - Sebanyak 15 orang lurah dilingkungan Kecamatan Lubuk Begalung mengikuti sosialisasi Pendataan Potensi Desa (PODES) 2018, yang diadakan Badan Pusat Statistik (BPS) Kota Padang di Aula kantor Camat Lubuak Bagaluang, Selasa (24/4/2018).

Sosialisasi Podes ini merupakan program Pemerintah pusat yang harus dilaksanakan oleh setiap Kabupaten/Kota diseluruh Indonesia, Pendataan Podes ini dilakukan untuk mendukung perencanaan kegiatan sensus BPS dan evaluasi kegiatan kementrian terkait.

Podes ini akan dimulai 2 Mei dan berakhir 31 Mei 2018, untuk melihat ketersediaan infrastruktur, potensi sosial dan ekonomi yang dimiliki oleh setiap wilayah administrasi setingkat desa diseluruh Indonesia.


Dikesempatan sosialisasi tersebut, Kepala BPS Padang, Rizal mengatakan, pendataan Podes ini merupakan satu-satunya data langsung yang digunakan pemerintah untuk mengantarkan dana pusat ke daerah.

"Dana Alokasi Khusus (DAK) dan Dana Alokasi Umum (DAU) dari Pemerintah Pusat berdasarkan dari hasil Podes ini," jelasnya.

Oleh karena itu, Rizal mengharapkan dukungan dan bantuan dari kecamatan dan kelurahan, untuk menyuskseskan Pendataan Podes ini. "Mudah-mudahan Kota Padang yang pertama kali melaksanakan pendataan, sebelum dilaksanakan oleh Kabupaten/ Kota lain," terang Rizal.

Rizal juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih kepada camat dan lurah di lingkungan Kecamatan Lubuak Bagaluang, yang telah bersedia dan memfasilitasi kegiatan sehingga sosialisasi Podes dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Sementara itu, Alfid Junaidy selaku narasumber dari sosialisasi tersebut menyampaikan, setiap kelurahan mempunyai data yang berbeda-beda, tidak mungkin setiap kelurahan mempunyai data yang sama. "Saya berharap berikanlah data yang sebenarnya ada," harap dia.

Camat Lubuak Bagaluang, yang diwakili Kasi Pemerintahan, Eka Perwita Sari mengimbau dan mengajak seluruh lurah di Kecamatan Lubuak Bagaluang untuk menyukseskan program Podes ini. "Semoga dengan adanya Data Podes, Kecamatan Lubuak Bagaluang mendapatkan alokasi dana lebih besar dari pemerintah pusat," imbuhnya. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang