MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 06:35 WIB

Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses, Ini Penjelasan Pendaftaran CPNS 2018

<p>Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses, Ini Penjelasan Pendaftaran CPNS 2018<p>

VALORAnews -- Portal sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan (CPNS) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan alamat http://sscn.bkn.go.id...

Alirman Sori Bangkitkan Gairah Politik dengan Ngopi Bareng

AI Mangindo Kayo | Minggu, 06-05-2018 | 16:13 WIB | 254 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>Alirman Sori Bangkitkan Gairah Politik dengan Ngopi Bareng<p>

Ketua DPRD Pesisir Selatan 2004-2009 ini, Alirman Sori (tengah) Ahad (6/5/2018), memberikan keterangan pers terkait kegiatan Ngopi Bareng Also yang akan digelar secara reguler sepanjang 2018 ini. (tusrisep/valoranews)

VALORAnews - Melalui gelaran diskusi bertajuk 'Ngopi Bareng,' Alirman Sori memancing gairah berpolitik masyarakat. Sistem demokrasi yang berlaku di Indonesia menuntut masyarakat untuk cerdas dalam berpolitik.

Alirman Sori, tokoh politik Sumatera Barat asal Kabupaten Pesisir Selatan sangat memahami, pemilih yang cerdas akan menghasilkan pemilihan umum yang berkualitas.

"Sebagai negara demokrasi, masyarakat harus diberi penguatan pemahaman berpolitik. Masyarakat yang cerdas akan menghasilkan pemilu yang berkualitas," kata Ketua DPRD Pesisir Selatan 2004-2009 ini, Ahad (6/5/2018).


Dalam sistem pemilu yang berlaku di Indonesia saat ini, lanjutnya, masyarakat seharusnya menjadi subjek bukan sekadar objek. Kekuasaan politik tertinggi berada di tangan rakyat.

"Rakyat yang menentukan kemana arah perjalanan bangsa ini," bebernya.

Gagasan diskusi melalui 'ngopi bareng' sendiri menurut anggota DPD RI periode 2009-2014 ini, berangkat dari kebiasaan masyarakat yang sudah jadi tradisi. Anggota masyarakat terutama kaum laki-laki, biasanya memanfaatkan waktu luang di warung kopi. Sembari menyeruput kopi, terjalin interaksi sosial, saling berkomunikasi dan berdiskusi.

"Ini jadi kekhasan masyarakat sejak dulu, inilah yang menginspirasi," ujarnya.

Penguatan daerah untuk kemajuan negara menjadi topik diskusi yang akan digelar di Coffee n Cafe Single Origin Painan, Senin (7/5/2018) malam. Diskusi akan melibatkan berbagai kalangan, mulai dari kelompok masyarakat dan pemuda, kalangan mahasiswa, pegiat sosial dan unsur lainnya.

Anggota Lembaga Pengkajian MPR RI ini berharap, diskusi tersebut memberikan output pencerdasan kepada masyarakat sekaligus input untuk kajian politik dan demokrasi bangsa ini ke depan.

Terkait sistematis kegiatan, menurut M Adli, panitia pelaksana, 'Ngopi Bareng Also' ini diharapkan terbangun budaya diskusi yang terarah. Setiap peserta bisa menyampaikan gagasan, ide, kritik, saran dan masukan.

"H. Alirman Sori sebagai pembicara utama akan memaparkan materi untuk didiskusikan. Menariknya, akan ada sesi pertanyaan dadakan dari moderator yang harus dijawab pembicara utama," ulasnya.

Adli menyebutkan, kegiatan "Ngopi Bareng Also", sudah diagendakan untuk beberapa kali kegiatan di Kabupaten Pesisir Selatan. Paling tidak akan ada empat kali kegiatan serupa higga akhir 2018.

"Kami membuka kesempatan bagi kecamatan lain untuk mengajukan diri menggelar diskusi mengambil kesempatan dari jadwal yang telah kami sediakan," ajaknya.

Kegiatan "Ngopi Bareng" Alirman Sori mendapat sambutan baik dari masyarakat. Ari Nurkomari, salah seorang tokoh pemuda IV Jurai, merespon positif kegiatan itu. Selain menciptakan budaya diskusi yang terarah, diskusi sekaligus bisa membawa pencerahan dan meningkatkan pemahaman berpolitik bagi masyarakat.

Dia berharap, kegiatan itu bisa dgelar dalam skala lebih besar dan lebih sering sehingga menjangkau masyarakat lebih banyak dan lebih luas lagi. Terkait tokoh sentral sebagai pembicara utama dalam gelaran itu, Ari tak meragukan sosok Alirman Sori sebagai tokoh muda potensial yang telah menunjukkan kiprahya di tingkat nasional. (rel)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan