MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-05-23 18:18 WIB

Lelang Jabatan Satpol PP dan Damkar Diulang

<p>Lelang Jabatan Satpol PP dan Damkar Diulang<p>

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan (Solsel) kembali akan mengulang lelang jabatan bagi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar (Satpol PP dan...

Lelang Jabatan Solsel Diikuti 37 Peserta, Hanya 28 Berkas Dinyatakan Lengkap

AI Mangindo Kayo | Jumat, 11-05-2018 | 23:20 WIB | 169 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Lelang Jabatan Solsel Diikuti 37 Peserta, Hanya 28 Berkas Dinyatakan Lengkap<p>

Ketua Tim Seleksi OPD Setdakab Solsel, Yulian Efi. (humas)

VALORAnews - Sebanyak 37 berkas peserta lelang terbuka Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama (JPTP) untuk enam Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Solok Selatan (Solsel) selesai diseleksi panitia seleksi (Pansel). Hasil seleksi tahapan administrasi kelengkapan berkas ini dinyatakan sedikitnya sembilan berkas tidak lulus dan dinyatakan gugur untuk masuk ke tahap selanjutnya.

"Yang dinyatakan lengkap dari 37 berkas yang masuk dari peserta lelang hanya sebanyak 28 berkas. Peserta yang lulus seleksi administrasi ini, berhak mengikuti tahapan selanjutnya, namun sebelum itu peserta yang lulus administrasi meski mengikuti kegiatan asesmen dulu," kata Ketua Pansel, Yulian Efi.

Dijelaskan, dari 28 berkas yang lulus tercatat atas nama 15 pejabat peserta lelang. Sebelumnya, kata Yulian Efi, ada sebanyak 21 orang yang mendaftar dengan jumlah 37 berkas yang masuk untuk diseleksi.


Dari 21 peserta lelang itu sendiri, sebagian besarnya mendaftar untuk lebih dari satu formasi jabatan OPD yang dilelang. Sementara, pascaseleksi administrasi, enam orang peserta dari 9 berkas yang dinyatakan tidak lulus dinyatakan gugur dan tidak berhak mengikuti tahap selanjutnya.

"Artinya hanya 15 peserta yang lulus dari 21 orang yang mendaftar. Untuk enam peserta yang tidak lulus ini, termasuk di dalamnya dua peserta yang berasal dari luar Solsel turut mendaftar atas nama Oscar Fitrah Nur M dan Elvian Hart. Sesuai jadwal yang telah ditetapkan, hari ini (kemarin, red) dilakukan dulu kegiatan asesmen," katanya.

Adapun enam JPTP untuk enam OPD yang dilelang itu adalah Sekretaris DPRD Solsel, Kadis PU, Kadis Pariwisata, Kadis Kominfo, Kadis PP2KBPP&PA dan Kadis Satpol PP dan Damkar Solsel. Untuk enam OPD ini, satu di antaranya juga tidak bisa dilanjutkan proses lelang, karena tidak mencukupi standar kuota peserta pelaksanaan lelang.

"Satu OPD yang tidak bisa dilanjutkan proses lelang itu adalah Dinas Pol PP dan Damkar Solsel. Penyebabnya, empat peserta yang mendaftar untuk formasi ini hanya satu peserta yang lulus dan tiga lainnya gagal. Sementara batas minimum pelaksanaan lelang sesuai aturan harus diikuti empat peserta," katanya.

Diketahui, pejabat yang dinyatakan lulus adminsitasinya untuk bisa mengikuti tahapan seleksi berikutnya sesuai SK Nomor 821/06/Pansel-JPT/SS-2018, pada OPD Sekretaris DPRD adalah, Lora Ayahanda Putri, Mardiana, Sapta Dewi, Muhadis, Yenni Efrianti.

Sedangkan pada OPD Dinas Kominfo yang lulus administasinya, Hanif Rasimon, Syamsurizal, Sapta Dewi, Harri Trisna, Suwirman, Muhadis dan Jon Kapi. Lalu, untuk Dinas PU, Penataan Ruang dan Pertanahan, yang lulus administrasinya, Mardiana, Hanif Rasimon, Syamsurizal dan Burahman.

Diperebutan posisi Dinas Pawisata yang lulus tercatat atas nama Budiman, Harri Trisna, Martin Edi, Jon Kapi dan Zuardi. Untuk Dinas PP2KBPP&PA, peserta yang lulus adalah Budiman, Lora Ayahanda Putri, Suwirman, Yenni Efrianti, Martin Edi dan Zuardi.

Sementara itu, untuk posisi Dinas Satpol PP dan Damkar, berkas administrasi yang lulus hanya atas nama, Ibrahmin. Tiga berkas lainnya yang ikut atas nama, Basrinal, Syafriadi dan Zainal Abidin dinyatakan tidak lulus administrasinya.

Berkas tiga pejabat lain yang tidak lulus pada seleksi terbuka JPTP OPD Pemkab Solsel kali ini antara lain, Dalwison yang berasal dari instansi Kecamatan Pauh Duo. Lalu, Oscar Fithrah Nur M dari instansi Unand Padang dan Elvian Hart dari instansi asal Dinas Pekerjaan Rakyat, Kawasan & Pertanahan Kabupaten Solok.

Terpisah, Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Solsel, Erwin Ali menjelaskan, bahwa untuk mengikuti seleksi tahap berikutnya oleh Pansel, beberapa orang pejabat yang lulus administrasinya tersebut akan mengikuti kegiatan asesmen.

"Kami berharap sesegera mungkin proses lelang jabatan ini tuntas secepatnya. Dan siapapun yang terpilih nantinya mengisi jabatan yang dilelang ini adalah mereka yang benar-benar tepat dan berkompeten. Sehingga akan dapat membantu beban tugas pimpinan dengan lebih baik, fokus dan maksimal," harap Erwin Ali didampingi Kabid Mutasi, Edisiswara.

Sedangkan untuk proses seleksi kompetensi, Pemkab Solsel berencana turut menggandeng dan melibatkan 3 orang akademisi. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah

Berita Kab. Solok Selatan