MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 06:35 WIB

Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses, Ini Penjelasan Pendaftaran CPNS 2018

<p>Portal sscn.bkn.go.id Belum Bisa Diakses, Ini Penjelasan Pendaftaran CPNS 2018<p>

VALORAnews -- Portal sistem seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil Badan (CPNS) milik Badan Kepegawaian Negara (BKN) dengan alamat http://sscn.bkn.go.id...

Menpan RB Ungkap Penerimaan CPNS 2018 di Wisuda Universitas Dharma Andalas

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 12-05-2018 | 20:39 WIB | 337 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Menpan RB Ungkap Penerimaan CPNS 2018 di Wisuda Universitas Dharma Andalas<p>

Ketua Umum DPP IKA Unand yang juga Menpan-RB, Asman Abnur, menyampaikan pentingnya lulusan perguruan tinggi memiliki keahlian spesifik, pada wisuata Universitas Dharma Andalas, Sabtu (12/5/2018) di Padang. (humas)

VALORAnews - Generasi muda saat ini dan masa datang diharapkan harus menguasai keahlian tertentu, agar tak termakan zaman yang terus mengalami perubahan. Keahlian ini penting dengan merujuk angka pengangguran di Indonesia yang saat ini mencapai 42 persen. Angka itu disumbang lulusan SMA/sederajat yang mayoritas dari sekolah menengah kejuruan (SMK).

Demikian dikatakan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB), Asman Abnur, sewaktu memberikan sambutan dalam acara wisuda Universitas Dharma Andalas di Padang, Sabtu (12/5/2018).

Oleh karena itu, ujar Asman, baik pemerintah dan pihak terkait harus memikirkan langkah-langkah untuk mengantisipasi hal demikian. Salah satunya membaca perubahan era yang semakin canggih.


"Yang harus kita pikirkan ke depan adalah, bagaimana membaca perubahan-perubahan yang terus terjadi. Lihat saja sekarang, industri dunia kerja sudah banyak memakai sistem teknologi canggih," terangnya.

"Sehingga, tenaga kerja yang dapat diserap adalah yang menguasai teknologi dan memiliki mutu kerja. Bagi yang tidak memilikinya akan terpinggirkan. Untuk itu mari kita sikapi bersama, tentunya generasi muda agar mampu menyiapkan dan membekali diri masing-masing," cetusnya.

Ia menambahkan, begitu pula di lingkungan pemerintahan, saat ini yang jadi ukuran di kalangan aparatur sipil negara (ASN) bukan lagi kehadiran, tapi adalah capaian kinerja.

"Jadi ada beberapa hal yang harus dikuasai ASN. Salah satunya skill, akurasi dan etos kerja disertai integritas yang tinggi. Selanjutnya bagaimana membangun komunikasi dan koordinasi yang baik, terlebih menguasai bahasa Inggris," tutur Asman Abnur yang juga ketua alumni DPP IKA Unand.

Diketahui, terang dia, Pemerintah Pusat di 2018 sedang gencarnya memperbaiki sarana dan infrastruktur disertai sumber daya manusia (SDM). Hal itu mengingat tanpa sarana infrastruktur yang memadai tentunya semuanya agak berjalan lambat.

Begitu juga tanpa SDM yang mumpuni, roda pemerintahan bangsa tidak akan berjalan cepat sesuai tuntutan zaman.

"Salah satunya terlihat dalam proses rekruitmen CPNS yang dilakukan secara ketat, dimana akan ada tes kompetensi dasar dan tes kompetensi bidang serta lain sebagainya. In Shaa Allah untuk 2018 ini, dalam waktu dekat akan diumumkan penerimaan CPNS bagi pemerintah kota, kabupaten dan provinsi serta kementerian," tukasnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar