MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-05-23 18:18 WIB

Lelang Jabatan Satpol PP dan Damkar Diulang

<p>Lelang Jabatan Satpol PP dan Damkar Diulang<p>

VALORAnews - Pemkab Solok Selatan (Solsel) kembali akan mengulang lelang jabatan bagi Kepala Satuan Polisi Pamong Praja dan Damkar (Satpol PP dan...

Pesantren Ramadhan Padang Dimulai 21 Mei

AI Mangindo Kayo | Kamis, 17-05-2018 | 16:33 WIB | 113 klik | Kota Padang
<p>Pesantren Ramadhan Padang Dimulai 21 Mei<p>

Kepala Bagian Kesra Setdako Padang, Jamilus. (humas)

VALORAnews - Pelaksanaan Pesantren Ramadhan 1439 Hijriah di Kota Padang, kembali dilaksanakan dan dipastikan lebih baik dari pelaksanaan-pelaksanaan sebelumnya. Kegiatan tahunan yang ke-15 kalinya itu bakal dimulai 21 Mei - 2 Juni.

"Pesantren ini akan diikuti ribuan santriwan/ti tingkat SD-SMP sederajat se-Kota Padang," ungkap Kepala Bagian Kesra Setdako Padang, Jamilus, Kamis (17/5/2018).

Pembukaan, terangnya, akan dilangsungkan serentak pada Senin (21/5/2018) setelah shalat subuh berjamaah. "Tim Kota yang ditunjuk untuk membukanya, akan mengunjungi satu masjid yang ditunjuk di 104 kelurahan," terangnya.


Materi-materi dasar yang akan dibawakan nantinya, terang dia, masih sama seperti tahun sebelumnya dengan dibuat oleh Tim Perumus. Antara lain seperti akidah, ibadah, fikih, akhlak dan al Quran. Kemudian juga ditambah materi tambahan seperti sosialisasi Generasi Berencana (GenRe), bahaya narkoba dan sebagainya.

"Sehingga tema pada Pesantren Ramadan tahun ini yaitu, membentuk generasi rabbani yang terbebas dari maksiat. Jadi harapan kita, melalui Pesantren Ramadan ini mampu menghasilkan generasi-generasi muda Kota Padang yang dekat dengan al Quran dan dekat dengan masjid," tukasnya.

Terkait biaya pelaksanaannya, tambah Jamilus, Pemko Padang juga membantu masing-masing peserta Rp20 ribu per orang. Bantuan ini menurutnya hanya sekadar pancingan dan dirasa belum mencukupi.

"Maka itu juga diharapkan adanya bantuan seperti sumbangan peserta, donatur dan infak," imbuh Jamilus.

Untuk evaluasi penyelenggaraannya, kata Jamilus, dari tahun ke tahun tetap dilakukan, dimana pada tahun ini diharapkan lebih baik dan kualitasnya lebih meningkat dari pada tahun-tahun sebelumnya. Keberhasilan ini juga ditentukan dari dukungan semua unsur terutama orang tua di rumah.

"Pada Pesantren Ramadan 1439 H ini, pembukaannya mulai 21 Mei hingga 2 Juni 2018 dengan libur pada 25 Mei dan 1 Juni. Pesertanya diikuti siswa SD/MI kelas empat hingga SMP/MTs sederajat kelas tiga yang jumlahnya diperkirakan mencapai 6000 peserta," terangnya.

"Kita tentu berharap, selama Ramadan anak-anak kita akan banyak menghabiskan waktunya di masjid dan musala. Sehingga tidak ada lagi anak-anak kita yang keluyuran dan segala macamnya," tukasnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar