MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 23:28 WIB

Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

<p>Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah<p>

VALORAnews - Kenagarian Persiapan Ulu Aie, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota bakal menjadi sentra produksi bawang merah. Hal itu terlihat...

Hermanto Bantu 10 Kelompok Tani Solsel Alsintan

AI Mangindo Kayo | Minggu, 10-06-2018 | 17:35 WIB | 174 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Hermanto Bantu 10 Kelompok Tani Solsel Alsintan<p>

Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, menyerahkan bantuan alat pertanian kepada 10 kelompok tani di Solok Selatan, Jumat, (8/6/2018). Bantuan diterima secara simbolis oleh Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman. Kemudian bantuan kembali disalurkan ke penerima. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Anggota Komisi IV DPR Ri, Hermanto, menyalurkan bantuan 10 unit alat mesin pertanian (Alsintan) kepada 10 kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Solsel. Kegiatan berlangsung di Kantor Dinas Pertanian, Jumat (8/6/2018).

Hermanto mengatakan, jenis alat pertanian yang diberikan yakni 4 unit Power Tresher dan 6 unit Corn Sheller.

"Yang kita serahkan baru kepada enam kelompok. Empat kelompok lainnya, akan diserahkan selepas lebaran ini," kata Hermanto.


Menurutnya, keenam kelompok yang menerima bantuan alat pertanian yakni, satu kelompok di Kecamatan Sangir Batang Hari, dua kelompok di Kecamatan Sangir, satu kelompok di Kecamatan Pauh Duo, satu kelompok di Kecamatan Sungai Pagu dan satu kelompok berada di Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (KPGD).

Hermanto menjelaskan, bantuan tersebut merupakan janji politik yang ia sampaikan pada saat kampanye. Dan ini harus terpenuhi.

"Pertanian saat ini menjadi perhatian utama bagi pemerintahan yang tengah menuju progam swasembada pangan. Komoditi beras, jagung dan kedelai merupakan komoditas utama yang sedang digenjot untuk swasembada," jelasnya.

Pada 2018 ini, Solok Selatan juga akan mendapatkan bantuan alat mesin pertanian lainnya yakni, 1 unit traktor roda 4, 17 unit handtractor, 5 unit pompa air, 10 unit handsprayer dan 4 unit penanam jagung manual.

Sementara itu, Wakil Bupati Solok Selatan, Abdul Rahman bersyukur, warga Solok Selatan mendapatkan bantuan tersebut. Hal ini, tentu saja sangat membantu pertanian Solok Selatan, bahkan akan dapat meningkatkan hasil pertanian.

"Dengan adanya mesin alat-alat pertanian ini, pekerjaan petani menjadi lebih cepat dan dapat membantu peningkatan hasil pertanian," pungkasnya. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar