MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-07-22 21:58 WIB

Warga Tunggu Taji Tim Saber Pungli Solsel

<p>Warga Tunggu Taji Tim Saber Pungli Solsel<p>

VALORAnews - Sejak 24 Januari 2017, Kabupaten Solok Selatan (Solsel) resmi memiliki Tim Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli). Namun, mendekati...

Nagari Bidar Alam Gelar Festival Gobah-gobah Sambut 1 Syawal

AI Mangindo Kayo | Jumat, 15-06-2018 | 21:33 WIB | 123 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Nagari Bidar Alam Gelar Festival Gobah-gobah Sambut 1 Syawal<p>

Salah satu gobah-gobah yang dibuat warga Bidar Alam. Betuliskan cinta palestina. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Sambut hari raya Idul Fitri 1439 hijriah tahun 2018, masyarakat Nagari Bidar Alam, Kecamatan Sangit Jujuan, Solok Selatan gelar festival gobah-gobah. Kegiatan yang terpusat di Masjid Raya Mr. Syafruddin Prawira Negara Bidar Alam itu, dihadiri ratusan masyarakat setempat, Jumat (15/6/2018) dini hari.

Gobah-gobah merupakan pesta obor dan meriam bambu. Obor yang disusun menggunakan menara ini dibuat sedemikian rupa sehingga membentuk tulisan dan gambar saat obor tersebut dinyalakan. Kemudian, dihiasi dengan dentuman meriam bambu.

Asisten II Pemkab Solok Selatan, Efli Rahmat mengatakan, gobah-gobah ini merupakan luapan sebuah kegembiraan masyarakat Bidar Alam dalam menyambut hari raya Idul Fitri. Saat kegiatan berlangsung seluruh masyakat menyaksikan kegiatan ini.


"Filosopinya bergembira setelah sebulan lamanya berperang melawan hawa nafsu selama bulan Ramadhan," katanya.

Menurutnya, kegiatan ini momen berkumpul dan saling mempererat tali silaturahmi antar sesama warga. Bagi perantau kegiatan ini mengingatkan kembali kepada masa-masa kecil dahulunya.

"Kegiatan ini berlangsung dari pukul 04.00 Wib dini hari hingga fajar 1 Syawal menyingsing," jelasnya.

Kegiatan gobah-gobah ini rutin digelar setiap tahunnya. Ini juga telah menjadi tradisi tahunan bagi masyarakat di Bidar Alam. Diharapakan, kedepan masuk dalam kalender kepariwisataan Pemkab Solok Selatan. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan