MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Pariwara Pemkab Solok Selatan

Promosikan Wisata Solsel, "Duo"Bupati Open House di Rumah Gadang Panjang

AI Mangindo Kayo | Senin, 18-06-2018 | 22:52 WIB | 449 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Promosikan Wisata Solsel, " />

Bupati Solsel, Muzni Zakaria didampingi Indra Catri (bupati Agam) disambut tari pasambahan saat menghadiri halal bi halal warga Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Ahad (17/6/2018). (mangindo kayo/valoranews

VALORAnews - Dua bupati hadiri halal bi halal warga Nagari Abai, Kecamatan Sangir Batang Hari, Solok Selatan, Ahad (17/6/2018). Kegiatan berpusat, di rumah gadang panjang suku melayu sigintir. Kedua bupati itu yakni, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria dan Bupati Agam, Indra Catri.

Petinggi adat Nagari Abai, Tuanku Rajo Putiah mengatakan, memberikan apresiasi setinggi-tingginya atas kehaditan dua bupati pada silaturahmi dan halal bi halal warga Abai ini.

"Baru kali ini ada dua bupati sekaligus berkunjung dan bersilaturahmi bersama warga di sini. Ini merupakan penghargaan tertinggi yang kami dapatkan," katanya.


Menurutnya, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin yang digelar pada setiap tahunnya. Kegiatan ini, merupakan bentuk silaturahmi sesama anak kemenakan dan pucuk pimpinan adat serta para pemangku adat atau datuk.

"Hadirnya dua petinggi kabupaten ini memberikan nilai tambah bagi kaum kami di Abai ini. Apalagi, Bupati Agam yang merupakan 'urang sumando' Solok Selatan sekaligus datuk suku melayu di Baso berkesempatan hadir di sini," katanya.

Mudah-mudahan ini semua, tambahnya, menjadi sebuah jalinan tali silaturahmi antara kaum suku melayu Abai dengan kaum suku melayu Baso.

Bupati Agam, Indra Catri pada kesempatan itu mengatakan, dirinya bersama keluarga berasa pulang ke rumah sendiri. Karena, kaum suku melayu Baso itu memiliki hubungan keluarga dengan kaum suku melayu yang ada di Solok Selatan.

"Saya diajak langsung oleh Pak Muzni kesini. Alhamdullilah dipertemukan langsung bersama keluarga di Abai ini," katanya.

Kedepan diharapkan, hubungan silaturahmi ini dapat terjaga dan menjadi bagian keluarga satu sama lainnya. Apalagi, memiliki sejarah hubungan tali darah.

Sementara itu, Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria dalam sambutannya menuturkan, ini merupakan momen yang tidak direncanakan dan menjadi momen yang berharga. Saat kegiatan silaturahmi dihadiri dua bupati.

"Apalagi secara silsilah Bupati Agam memiliki hubungan pertalian keluarga dengan kaum suku melayu di Solok Selatan ini," jelasnya.

Selanjutnya, pada momen ini Pemerintah Kabupaten Solok Selatan meminta dukungan kepada masyarakat Abai khususnya dan Solok Selatan pada umumnya. Atas masuknya rumah gadang panjang sebagai nominasi Anugrah Pesona Indonesia (API) pada kategori situs adat terpopuler.

"Dukungan ini, diharapkan untuk bisa kembali Solok Selatan menjadi pemenang pada kategori itu," jelasnya.

Sebelumnya, kawasan Saribu Rumah Gadang memenangkan API tahun 2017 pada kategori kampung adat terpopuler. Diharapkan, rumah gadang panjang bisa menjadi polling tertinggi pada API tahun ini.

"Sementara pada hasil polling terkini, rumah gadang panjang menduduki posisi teratas. Saat ini hasil polingnya, 80 persen meninggalkan sembilan rivalnya di API 2018 pada kategori situs adat terpopuler," katanya.

Diharapkan, masyarakat Solok Selatan bersama-sama mendukung poling API. Agar Solok Selatan kembali menjadi pemenang pada API 2018. (adv)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah