MITRA VALORA NEWS

Senin, 2019-12-09 21:44 WIB

Tak Perlu Tiap Sebentar Cari Investor ke Luar Negeri

<p>Tak Perlu Tiap Sebentar Cari Investor ke Luar Negeri<p>

VALORAnews - Kepala Perwakilan Bank Indonesia, Wahyu Purnama menegaskan, program pembinaan Wira Usaha Bank Indonesia (WUBI) telah menjadikan pelaku...

Irwan Afriadi Serap Aspirasi tentang Keterbatasan Komunikasi

AI Mangindo Kayo | Senin, 16-07-2018 | 22:37 WIB | 544 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Irwan Afriadi Serap Aspirasi tentang Keterbatasan Komunikasi<p>

Anggota DPRD Sumatera Barat, Irwan Afriadi gelar pertemuan bersama Anggota RAPI Solok Selatan. Pertemuan ini membahas keterbatasan komunikasi di Solok Selatan sekaligus rises ke daerah pemilihan, Senin (16/7/2018). (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Anggota DPRD Sumatera Barat, Irwan Afriadi gelar pertemuan bersama anggota Radio Antar Penduduk Indonesia (Rapi) JZ 03 ZZW18 Solok Selatan, Senin (16/7/2018). Pertemuan terkait pembahasan keterbatasan komunikasi di kabupaten yang berada di ujung selatan provinsi Sumbar itu.

Kegiatan yang berlangsung di Rumah Makan Sungai Kalu 6 Padang Aro ini sekaligus mengisi kegiatan rises DPRD Provinsi Sumbar ke daerah pemilihan.

"Saat ini di Solok Selatan, masih terdapat beberapa titik blank spot yang belum terjamah oleh sinyal provider telepon seluler. Ini menyulitkan masyarakat kita untuk berkomunikasi ke daerah luar," katanya.


Menurutnya, saat ini untuk membantu komunikasi antar masyarakat yang tinggal didaerah blank spot, pihaknya secara swadaya bersama penggiat wisata Sumbar, Yulnofrin Napilus telah mendirikan repiter radio kumunikasi yang berada di Pekonina.

"Repiter ini bisa digunakan oleh masyarakat luas sebagai alat komunikasi antar masyarakat. Repiter ini, dikelola oleh RAPI Solok Selatan," jelasnya.

Terutama, lanjutnya, bagi mereka yang berada diujung kabupaten ini seperti, Lubuk Ulang Aling. Selain, memiliki keterbatasan komunikasi juga keterbatasan trasportasi darat.

"Dengan repiter ini, memudahkan mereka untuk berkomunikasi ke luar daerah maupun dalam daerah. Dengan catatan harus memiliki perangkat radio sendiri," katanya.

Untuk tekhnis pemakiannya sendiri, masyarakat bisa berkonsultasi dengan pengurus Rapi yang ada di Solok Selatan. Baik secara prinsip maupun aturan yang ada.

"Repiter ini bisa digunakan selama 24 penuh tanpa adanya pembiayaan," jelasnya lagi.

Sekretaris Rapi Solok Selatan, Eka Satria mengapresiasi kepedulian anggota DPRD Sumbar, Irwan Afriadi atas keterbatasan komunikasi di Solok Selatan ini. Dengan berdirinya repiter ini memudahkan masyatakat untuk berkomunikasi.

"Saat ini, warga Solok Selatan telah bisa berkomunikasi ke luar daerah dengan radio. Bahkan, hingga ke luar provinsi," katanya.

Untuk pemakaian frekwensi repiter di Solok Selatan, seluruh masyarakat bisa menggunakannya. Selain itu, repiter ini juga mendukung pariwisata di Solok Selatan. Frekwensi bisa digunakan antar sesama Pokdarwis untuk berkumunikasi dan penunjang pendakian Gunung Kerinci jalur Solok Selatan.

"Kemudian, terbuka luas bagi masyarakat untuk bergabung bersama Rapi Solok Selatan," katanya.

Ditambahkan, dengan diberikan repiter ini memudahkan masyatakat Solok Selatan untuk berkomunikasi. Terutama, bagi mereka yang berada di daerah yang tidak terjangkau sinyal komunikasi. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar