MITRA VALORA NEWS

Senin, 2018-12-10 21:34 WIB

Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos

<p>Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos<p>

VALORAnews -- Kota Padang meraih penghargaan Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan dari Kementerian Sosial RI. Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas...

Irfendi Arbi Minta Lansia Dilibatkan Disetiap Kegiatan Nagari

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-07-2018 | 12:07 WIB | 131 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Irfendi Arbi Minta Lansia Dilibatkan Disetiap Kegiatan Nagari<p>

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi foto bersama dengan Lansia usai kegiatan 'Bergembira bersama Ribuan Lansia' di Lapangan Sepakbola, Koto Kociak, Kenagarian Guguak VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, kemarin. (humas)

VALORAnews - Dalam rangka memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23, Pemerintah Kabupaten Limapuluh Kota menggelar rangkaian kegiatan 'Bergembira bersama Ribuan Lansia' di Lapangan Sepakbola, Koto Kociak, Kenagarian Guguak VII Koto Talago, Kecamatan Guguak, kemarin.

Bupati Limapuluh Kota, Irfendi Arbi dalam sambutannya mengapresiasi semangat Lansia, dalam mengikuti berbagai rangkain kegiatan yang digelar, meski di usia yang tidak muda lagi namun semangatnya tidak kalah dengan anak muda. Menurutnya, kedepan para Lansia ini harus tetap mandiri dan produktif dalam mengisi sisa-sisa hidup.

"Semangat Lansia kita luar biasa, kita sangat menghargai para Lansia ini berkat merekalah kita bisa seperti sekarang ini," ujarnya.


Untuk itu, Irfendi Arbi mengajak kepada seluruh masyarakat untuk dapat menempatkan posisi lansia secara terhormat dan sebaik-bainya. Begitu juga kepada pemerintahan nagari agar menghadirkan lansia diseluruh kegiatan yang ada.

"Setiap ada kegiatan di nagari-nagari hadirkanlah para Lansia, karena melalui mereka inilah hidup kita lebih bermakna," tambahnya.

Sesuai dengan tema HLUN 2018, dimana 'Lasia Sejahtera, Masyarakat Bahagia' dan sub tema di bidang kesehatan ''Lansia Sehat Mandiri Diwujudkan dari Keluarga Sehat'', Irfendi mengajak seluruh masyarakat agar menerapkan pola hidup sehat yang dimulai dari keluarga, hal itu dikarenakan keluarga merupakan unsur penting bagi bangsa dan negara.

"Sehat harus dijaga dengan menerapkan perilaku hidup sehat dan berpartisipasi aktif dalam jaminan kesehatan nasional. Sehingga nantinya, akan terbangun keluarga yang sadar akan kesehatan dan terwujud Lansia yang sehat, mandiri dan produktif," ujarnya.

Menurutnya, peringatan HLUN ke-23 ini, juga memontum dalam menguatkan komitmen, meningkatkan semangat untuk lebih memberi makna pada masyarakat akan pentingnya kesehatan. Diperlukan kerjasama baik lintas program maupun lintas sektor, akademisi, kepala daerah, pelaku usaha, organisasi masyarakat, dalam membangun pemahaman publik akan pentingnya hidup sehat, serta menjalankan perilaku hidup sehat.

Dijelaskan, negara memiliki perhatian yang tinggi terhadap kesejahteraan Lansia, berpihak kepada hak-hak dan pemenuhan kebutuhan lansia serta menjamin peningkatan aktualisasi diri dan peran sosialnya di masyarakat.

Untuk mewujudkan hal tersebut, diperlukan kepedulian dan pengabdian yang totalitas dari segenap komponen untuk bersama-sama melindungi, menyayangi dan meningkatkan taraf hidup lansia. Oleh karena itu, pengembangan kebijakan kelanjutusiaan tidak hanya terfokus pada lansia saja tetapi juga mempersiapkan diri setiap generasi sebelum menjadi lansia.

"Pemerintah terus menerus bekerja keras dalam meningkatkan peran dan fungsinya sebagai regulator, motivator, stimulator, fasilitator bahkan akselerator dalam rangka mempercepat implementasi program yang berpihak pada lansia, penguatan dan peran dunia usaha dan peran keluarga. Sehingga terwujud lansia tangguh," pungkasnya.

Dalam kegiatan ini, diikuti Lansia dari 13 kecamatan di Kabupaten Limapuluh Kota, adapun kegiatan puncak peringatan HLUN ini, pemkab setempat mengadakan berbagai kegiatan lansia. Diantaranya senam sehat, bernanyi bersama, doorprize, serta kegiatan lansia lainnya. (rls/kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Lima Puluh Kota