MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-10-18 18:16 WIB

Ilusi Band Ajak Berperilaku Jujur Lewat Rilis Lagu Bohong

<p>Ilusi Band Ajak Berperilaku Jujur Lewat Rilis Lagu Bohong<p>

VALORAnews - Seperti kerang memendam mutiara, akhirnya Ilusi Band merilis lagu ke tiga berjudul Bohong. Lagu ini adalah lagu pertama ditulis Ilusi...

Irfendi Arbi Harapkan Nilai SAKIP 2018 BB

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-07-2018 | 12:33 WIB | 161 klik | Kab. Lima Puluh Kota
<p>Irfendi Arbi Harapkan Nilai SAKIP 2018 BB<p>

Bupati Limapuluh, H Irfendi Arbi memberikan arahan dihadapan Asisten Deputi 1 Kemenpan RB, Kamaruddin dan narasumber Hary Sukamto dalam acara coaching pemantapan penyusunan dokumen Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2017 dan 2018 di Padang, Sabtu (28/7/2018). (humas)

VALORAnews - Bupati Limapuluh Kota, H Irfendi Arbi meminta seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota, membenahi dan mendongkrak kinerja. Ia berharap, daerah ini mampu meningkatkan level penilaian Sistem Akuntabiltas Kinerja Instansi Pemerintan (SAKIP) tahun ini.

Hal itu disampaikan Irfendi Arbi dalam arahannya ketika membuka acara coaching pemantapan penyusunan dokumen Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah tahun 2017 dan 2018 di Padang, Sabtu (28/7/2018).

"Kita harus berkomitmen untuk bekerja keras membenahi kinerja pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota. Kita berharap tahun ini mampu meningkatkan nilai akuntalibilitas kinerja menjadi BB," ungkap Irfendi Arbi.


Narasumber kegiatan ini, Asisten Deputi Koordinasi Pelaksanaan Kebijakan dan Evaluasi Reformasi Birokrasi, Akuntabilitas Aparatur dan Pengawasan 1 Kemenpan RB, Kamaruddin, Pj. Sekda Taufik Hidayat, Asisten Pemerintahan, Deddy Permana, serta para kepala OPD.

Agar tahu apa apa kelemahan dan kekurangan, serta solusi peningkatan akuntabilitas kinerja tersebut, ia meminta seluruh peserta mengikuti coaching pemantapan penyusunan dokumen Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah itu dengan serius. Demi perobahan ke arah yang lebih baik, peserta coaching diminta tidak segan bertanya kepada narasumber.

Sementara itu, Kamaruddin dan Hary Sukamto kepada wartawan mengapresiasi komitmen Bupati Irfendi Arbi untuk membenahi akuntabilitas kinerja pemerintah daerah Kabupaten Limapuluh Kota. Menurutnya, ini juga harus menjadi komitmen dan target seluruh OPD.

"Seperti dikatakan bupati, kita harus mampu menerapkan impelementasi SAKIP. Dalam hal ini tentunya kita juga harus siap untuk merubah kebiasaan buruk seperti halnya penganggaran yang hanya berdasarkan output, menjadi harus berdasarkan kinerja dan harus bermanfaat," ungkap Kamaruddin.

Dikatakan, dalam penilaian kinerja ini ada lima komponen yang harus dipenuhi. Aspek yang dinilai itu antara lain, perencanaan kinerja, pengukuran kinerja, pelaporan kinerja, evaluasi internal dan pencapaian sasaran/kinerja organisasi. Masing-masingnya ada nilainya dan juga diukur apakah sudah berorientasi hasil serta memperhatikan kualitasnya.

"Kita ingin nilai ke lima komponen itu didorong untuk bisa naik dari level CC menjadi B bahkan BB. Kita sudah melihat komitmen bupati dan OPD untuk mewujudkan peningkatan nilai akuntabilitas kinerja tersebut," tutur Kamaruddin.

Sebelumnya panitia acara, Deki Yusman dalam laporannya menyebut, bupati bersama OPD telah berkomitmen penuh untuk meningkatkan akuntabilitas kinerja instansi pemerintah yang ditandai dengan telah terwujudnya fakta integritas yang ditandatangani bupati dengan seluruh kepala OPD.

"Dengan diadakannya coaching ini diharapkan berdampak positif terhadap peningkatan penilaian laporan kinerja OPD serta penguatan akuntabilitas sebagai langkah mewujudkan pemerintahan yang bersih dan benas KKN, serta meningkatnya pelayanan publik, meningkatnya kapasitas dan akuntabilitas kinerja birokrasi," jelas Deki. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar