MITRA VALORA NEWS

Senin, 2018-12-10 21:34 WIB

Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos

<p>Bina Anjal dengan Batalyon 133, Padang Raih Penghargaan Kemensos<p>

VALORAnews -- Kota Padang meraih penghargaan Rehabilitasi Sosial Anak Jalanan dari Kementerian Sosial RI. Penghargaan tersebut diterima Kepala Dinas...

20 Keltan Solsel Dapat Alsintan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 02-08-2018 | 23:34 WIB | 277 klik | Kab. Solok Selatan
<p>20 Keltan Solsel Dapat Alsintan<p>

Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto berfoto bersama kelompok tani penerima bantuan Alsintal di aula Dinas Pertanian Solok Selatan, Kamis (2/8/2018). (humas)

VALORAnews - Anggota Komisi IV DPR RI, Hermanto, menyerahkan 20 unit Alat Mesin Pertanian (Alsintan) kepada 20 kelompok tani yang tersebar di tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan, Kamis (2/8/2018).

"Bantuannya berupa 10 corn planter atau alat penanaman jagung dan 10 hand sprayer atau alat semprot manual untuk pertanian. Diperuntukkan kepada 20 kelompok tani, agar lebih mudah bekerja mengolah tanaman dan tentunya bekerja dengan lebih modern," kata Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pertanian Solsel, Zamzami.

Sebanyak 20 kelompok tani itu, lanjut Zamzami, dua keltan di antaranya direkomendasikan oleh pihaknya. Sisanya, ditunjuk langsung Hermanto, selaku fasilitator bantuan tersebut. Tujuannya, kata dia, tentu supaya petani agar bisa meningkatkan produksi guna menuju swasembada pangan yang dicanangkan pemerintah pusat.


"Tujuan lain yaitu demi kesejahteraan petani sendiri. Mayoritas masyarakat di Solsel berprofesi sebagai petani. Jika petani sudah disejahterakan di Solsel maka sekitar 80 persen visi misi Sejahtera dan Religius oleh Pemda Solsel artinya sudah tercapai," sebutnya.

Setelah bantuan ini, tambahnya lagi, akan menyusul bantuan alsintan lainnya seperti corn seller atau mesin pemipil jagung dan hand traktor atau mesin bajak sawah. Khusus untuk kebutuhan hand traktor sebutnya, secara ideal Solsel membutuhkan sedikitnya membutuhkan sekitar 400 unit lagi.

Kebutuhan itu, jelasnya, untuk mengelola lahan sawah seluas 10.160 hektare secara keseluruhan. Sementara saat ini, dari 800-an kelompok tani yang ada, baru separuh yang telah memiliki handtraktor hasil dari bantuan sejumlah pihak.

"Menilik dari Solsel yang merupakan salah satu daerah lumbung swasembada pangan, tentunya alsintan ini diperlukan petani untuk mencapai target produksi yang diberikan oleh pemerintah pusat. Di sisi lain, untuk bantuan yang sudah, kita harapkan agar kelompok tani dapat memanfaatkan bantuan tersebut sesuai fungsinya," tukasnya.

Sementara, Hermanto yang memfasilitasi bantuan tersebut mengaku, penyaluran bantuan itu menilai bahwa kebutuhan alsintan khususnya hand traktor melebihi nominal dari 400 unit tersebut. Secara bertahap katanya, tiap tahun pemenuhan kebutuhan itu akan diupayakan sesuai anggaran yang tersedia.

"Kita minta, kelompok tani juga tidak putus asa mengusulkan proposal bantuan kepada kami. Baik secara langsung ataupun melalui pemerintah daerah. Sebab, pemberian bantuan ini selain bertujuan untuk meningkatkan produksi juga merupakan pemenuhan janji berjamaah. Janji saya, Pemda Solsel, dan Wakil rakyat di Solsel," katanya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Solok Selatan