MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-10-21 22:15 WIB

Kampung Durian Miliki Posyandu Remaja

<p>Kampung Durian Miliki Posyandu Remaja<p>

VALORAnews - Kepala Dinas Kesehatan Kota Padang, Feri Mulyani mengapresiasi Posyandu Remaja Kampung Durian. Karena, Posyandu Remaja ini adalah...

PDAM Solsel Butuh Fasilitas Pra-sedimentasi

AI Mangindo Kayo | Selasa, 07-08-2018 | 13:51 WIB | 138 klik | Kab. Pesisir Selatan
<p>PDAM Solsel Butuh Fasilitas Pra-sedimentasi<p>

Direktur PDAM Solok Selatan, Endri Karani. (humas)

VALORAnews - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solok Selatan, membutuhkan pra-sedimentasi untuk mengolah air keruh yang masuk ke Instalasi Pengolahan Air (IPA). Agar kualitas air yang dialirkan hingga ke rumah masyarakat jernih.

"Sekarang, setiap hujan, air yang masuk ke IPA keruh sehingga yang diterima masyarakat juga keruh. Untuk mengatasinya, kami butuh bak pra-sedimentasi untuk mengolah air keruh yang masuk itu," kata Direktur PDAM Solok Selatan, Endri Karani.

Menurutnya, untuk pembuatan bak pra-sedimentasi ini, tidak ada anggarannya sehingga pihaknya mengupayakan menggaet dana pusat. Pada 2019, pihaknya akan dibantu Satker PS PAM Sumbar, untuk membuat bak pra-sedimentasi di IPA Batang Lolo dan Sungai Manau.


"Kami sudah berkoordinasi dengan PS PAM Sumbar dan mereka berjanji akan membantu pembuatan bak pra-sedimentasi dua unit pada 2019," ujarnya.

Sebelum dibantu, PS PAM akan meninjau lokasi dan baru diketahui berapa kebutuhan anggarannya. Untuk mengatasi air keruh masuk ke masyarakat, sekarang ini PDAM memilih untuk mematikan air setiap hujan.

"Setiap kali hujan turun deras, air PDAM dimatikan supaya yang mengalir kemasyarakat tidak keruh," ujarnya.

IPA PDAM Solok Selatan, hanya IPA sederhana dan saat pembangunan hanya dirancang untuk pedesaan dengan jumlah pemasangan terbatas.

"Ditambah lagi tingkat erosi tinggi serta sumber kekeruhan berdekatan dengan instalasi, sehingga yang masuk ke IPA selalu keruh saat hujan," ujarnya.

Masyarakat pengguna PDAM diimbau membuat bak penampungan, supaya saat air mati mereka masih memiliki persediaan air bersih.

PDAM Solok Selatan memiliki 18 unit IPA dan yang aktif 16 serta dua lagi sudah rusak dengan tingkat kekeruhan air sangat tinggi. Sedangkan untuk pelanggan PDAM Solok Selatan, saat ini mencapai 11.457 sambungan rumah dengan yang aktif 10.961 sambungan.

Ditambahkan, secara perlahan akan membenahi PDAM baik secara kelembagaan maupun menertibkan pelanggan yang tidak memiliki meteran.

"Secara perlahan, kami lakukan pembenahan supaya PDAM bisa lebih baik lagi memberikan pelayanan pada masyarakat," ujarnya. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Pesisir Selatan