MITRA VALORA NEWS

Selasa, 2018-08-21 17:18 WIB

Bus Tranek Terbakar di Malibou Anai Sore Ini

<p>Bus Tranek Terbakar di Malibou Anai Sore Ini<p>

VALORAnews - Satu unit bus antar kota dalam provinsi (AKDP) merk Tranek Mandiri, terbakar di kawasan Malibou Anai, Selasa (21/8/2018) sekitar pukul...

Humas Sarolangun Pelajari Trik Jitu dalam Bertugas ke Humas Setdako Padang

AI Mangindo Kayo | Kamis, 09-08-2018 | 18:17 WIB | 44 klik | Kota Padang
<p>Humas Sarolangun Pelajari Trik Jitu dalam Bertugas ke Humas Setdako Padang<p>

Kasubag Publikasi Setdako Padang, Tafrizal berdialog dengan Kasubag Pemberitaan Setdakab Sarolangun, Zainal beserta tiga orang staf, saat kunjungan studi banding di Kantor Bagian Humas Setdako Padang di Balaikota Aie Pacah, Kamis (9/8/2018). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Kota (Pemko) Padang sejatinya sampai saat ini memang telah menjadi arah panah, tujuan kunjungan kerja (kunker) dari berbagai pemerintah daerah di Indonesia. Kali ini salah satunya dari Bagian Humas Sekretariat Daerah Kabupaten (Setdakab) Sarolangun, Jambi.

Rombongan sebanyak 4 orang yang dipimpin Kasubag Pemberitaan, Zainal itu tengah menyambangi Kantor Bagian Humas Setdako Padang di Balaikota Aie Pacah, Kamis (9/8/2018). Kasubag Publikasi Setdako Padang, Tafrizal menyambutnya dengan dialog bersama dan saling 'sharing' satu sama lainnya.

Zainal mengatakan, alasan memilih Humas Setdako Padang, yaitunya ingin melihat dan mempelajari secara langsung terkait kehumasan di lingkup Pemerintah Kota Padang.


"Kita di Sarolangun melihat Kota Padang begitu familiar dengan cukup banyaknya informasi yang disajikan dalam bentuk berita di media cetak, elektronik atau berbagai media sosial (medsos) yang ditayangkan setiap harinya," tuturnya.

Kemudian, menurut Zainal, begitu juga halnya dengan kegiatan Pemerintah Kota Padang.

"Menurut pengamatan kami Humas Kota Padang memiliki kemampuan yang mumpuni salah satunya bersinergi dengan pers. Jelas ada resep tertentu dari unsur humas di sini, bagaimana menjalin keharmonisan dengan semua unsur media di kota ini," sebut Zainal.

Dikatakan Zainal, sementara secara umum maksud dan tujuan pihaknya melakukan studi banding kali ini yaitu, terutama ingin menggali lebih dalam secara langsung apa yang menjadi strategi Humas Setdako Padang dalam hal publikasi kegiatan pemko khususnya agenda walikota-wakil walikota, Sekda serta masing-masing OPD.

"Apa yang kami dapat dalam pertemuan ini, sangat penting dan berarti sekali untuk dijadikan masukan dan diterapkan nantinya di Sarolangun. Sebab menurut kami hal yang menarik dilakukan Humas Setdako Padang terutama sekali adalah dalam merangkul insan pers di samping relis berita yang dibuat semaksimal mungkin. Sehingga, berita relis yang dibuat dan di share humas tiap harinya juga dapat dipublikasikan di seluruh media," akunya.

Menurutnya lagi, kunjungan tersebut terasa semakin tepat dilakukan Humas Setdakab Sarolangun kepada Humas Setdako Padang. Hal tersebut memiliki alasan, karena hasil dari upaya kerja keras selama ini ternyata dibuktikan dengan menuai beberapa penghargaan.

Penghargaan teranyar saya baca di media yaitu Humas Setdako Padang terpilih sebagai salah satu humas terbaik dalam penilaian Publik Relations Indonesia Award (PRIA) 2018. Selanjutnya, berkat publikasi yang efektif dari humasnya, juga berdampak positif dengan menjadikan Walikota Padang Mahyeldi sebagai salah seorang walikota yang yang paling banyak diberitakan oleh pelbagai media lokal dan nasional.

Sementara itu, Tafrizal menyampaikan beberapa hal. Di antaranya menjelaskan tentang bagaimana membangun kehormonisan antara praktisi humas dengan pers yang meliput kegiatan Pemko Padang.

"Alhamdulillah, sejauh ini hubungan kita sangat baik sebagai mitra kerja," ungkap Taf didampingi staf fungsionalnya Afrizon.

Menurut pria yang akrab dipanggil Taf Chaniago itu, kehadiran Humas memang sangat vital di samping berhubungan dengan publikasi juga dokumentasi serta layanan informasi.

"In Syaa Allah, kita di Humas Setdako Padang akan terus meningkatkan kinerja di samping menjaga hubungan baik dengan mitra kerja dalam hal ini pers. Saat ini kita memiliki beberapa orang sebagai praktisi pembuat relis berita, dokumentasi, editing video serta hal pendukung lainnya," terangnya.

"Kita berharap, bagaimana tetap solid, kompak dan tentunya menjaga keprofesionalan," tukas Taf sembari menyerahkan cendera mata berupa plakat logo Pemko Padang sebagai bentuk penghargaan kepada tamu tersebut. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Metro

Berita Kota Padang