MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 23:28 WIB

Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

<p>Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah<p>

VALORAnews - Kenagarian Persiapan Ulu Aie, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota bakal menjadi sentra produksi bawang merah. Hal itu terlihat...

Mahasiswa KKN Unes Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula

AI Mangindo Kayo | Kamis, 16-08-2018 | 20:25 WIB | 331 klik | Kab. Agam
<p>Mahasiswa KKN Unes Gelar Pendidikan Politik Pemilih Pemula<p>

Anggota KPU Agam, Zainal Abadi jadi pembicara pada pendidikan pemilih di MAN 5 Lubukbasung, Agam, Kamis (16/8/2018). Kegiatan ini merupakan bagian program kerja mahasiswa KKN Unes yang ada di daerah itu. (istimewa)

VALORAnews - Anggota KPU Agam, Zainal Abadi mengatakan, untuk mewujudkan negara yang berdaulat, partisipasi masyarakat amat menentukan, minimal partisipasi dalam pemilu. Partisipasi dalam pemilu ini, sepatutnya jadi perhatian generasi muda yang masuk kategori pemilih pemula.

"Banyak sekali yang dapat dilakukan oleh anak-anak muda sebagai pemilih pemula. Seperti jadi penyelenggara pemilu, jadi pemantau, minimal jadi pemilih. Semua itu untuk menentukan nasib bangsa ini dalam lima tahun kedepan," ungkap Zainal saat jadi pembicara pada kegiatan pendidikan politik bagi pemilih pemula di MAN 5 Lubukbasung, Agam, Kamis (16/8/2018).

Sebagai pemilih pemula, urai Zainal, anak-anak muda harus lebih kritis dengan melakukan pengamatan terhadap pilihannya sejak sekarang. Melihat rekam jejak calon pilihannya yang sudah dapat dilihat diberbagai media termasuk media center KPU Agam. Bahkan, lanjutnya, anak muda dapat mendiskusikan secara kritis dan mengundang para calon, untuk berdiskusi memaparkan visi dan misi para kandidat yang berniat jadi anggota DPRD.


"Anak-anak muda perlu memiliki kesadaran yang kuat terhadap nasib lima tahun kedepan. Hal ini amat ditentukan oleh pilihan pada pemilu 2019 nanti. Pilihan itu harus tepat dengan melihat rekam jejak kandidat," jelas Zainal.

Sementara, Ketua Panitia, Advensia Bima mengatakan, pendidikan pemilih ini merupakan bagian dari program kerja mahasiswa Universitas Ekasakti (Unes) yang sedang Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Lubuk Basung dan sekitarnya. Acara yang bertujuan untuk meningkatkan partisipasi pemilih ini, dikerjasamakan dengan MAN 5 Lubuk Basung, khusus siswa kelas 2 dan kelas 3.

"Teman-teman mengusulkan agar agenda KKN juga memperhatikan momentum pemilu yang semakin dekat. Akhirnya, setelah melakukan koordinasi kepada MAN 5 Lubuk Basung dan KPU Agam, acara pendidikan pemilih pemula ini dapat terselenggara," ujarnya.

"Acara ini bagian dari kontribusi mahasiswa KKN untuk meningkatkan pendidikan politik kepada pemilih pemula," tambah Bima.

Sementara, MAN 5 Lubuk Basung bersyukur atas sosialisasi ini, sebagai bagian dari pendidikan kewarganeraan.

KPU Kabupaten Agam selaku narasumber dalam kegiatan ini mengajak peserta kegiatan yaitu siswa MAN 5 yang sudah berusia 17 tahun untuk berkontribusi terhadap pelaksanaan pemilu.

Sementara itu, Ketua Divisi Partisipasi Masyarakat KPU Agam, Erkonolis menjelaskan tentang teknis memilih dimana masyarakat harus terdaftar sebagai pemilih dan memiliki KTP elektroni serta menjelaskan bagaimana syarat pemilihan yang sah. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar