MITRA VALORA NEWS

Tiga Perusahaan Bantu Dunia Pendidikan Solsel di Perayaan HUT RI

AI Mangindo Kayo | Minggu, 19-08-2018 | 19:11 WIB | 308 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Tiga Perusahaan Bantu Dunia Pendidikan Solsel di Perayaan HUT RI<p>

Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria menyerahkan bantuan kepada siswa berprestasi saat upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-73 di halaman kantor bupati, Jumat (17/8/2018). (humas)

VALORAnews - Pada momentum peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-73, masyarakat di Solok Selatan (Solsel) ketiban berbagai bantuan dari sejumlah perusahaan, baik Badan Usaha Milik Negara (BUMN) maupun swasta. Total bantuan yang diterima masyarakat di daerah itu mencapai Rp575 juta.

Rinciannya, sebanyak Rp385 juta berasal dari PT Bukit Asam Tbk (PTBA), Rp 100 juta dari PT Supreme Energy dan Bank Nagari menyalurkan Rp90 juta. Bantuan tersebut, diserahkan secara simbolis langsung oleh Bupati Solsel, H Muzni Zakaria usai upacara HUT RI ke-73, di halaman kantor bupati, Jumat (17/8/2018).

"Beragam bantuan ini disalurkan untuk pemenuhan kebutuhan dasar dunia pendidikan, perbaikan sarana dan prasarana sekolah serta dan penyidiaan Taman Bacaan Rumah Pintar," kata dia usai menyerahkan bantuan itu.


Bantuan yang diberikan PT. Bukit Asam diberikan guna penyediaan berbagai Fasilitas Umum pada Dinas Pendidikan, Kepemudaan dan Olahraga, termasuk bantuan pada penyediaan sarana dan prasarana Taman Bacaan Rumah Pintar senilai Rp80 juta.

Bupati yang turut didampingi Ketua TP-PKK Solsel, Ny. Suriati Muzni, menjelaskan khusus bantuan dari PT. Supreme Energy senilai Rp100 juta ini, diberikan pada Mei Linda, Siswi SMA 1 Solsel sebagai beasiswa.

Diketahui, Mei sendiri sedang menuntut ilmu di bidang kedokteran pada Hebei Polytechnic University di Cina.

Sementara, bantuan yang berasal dari Bank Nagari Lubuk Gadang dan Muara Labuh, juga berupa beasiswa pendidikan bagi siswa berprestasi. Selain bantuan untuk pendidikan, dia juga menyerahkan bantuan tanaman pisang roti Solsel, kepada perwakilan kelompok tani serta penyerahan SK Mentri Pertanian, 23 Mei 2018 tentang Tanda Daftar Varietas Tanaman Holtikultura untuk tanaman itu.

Selanjutnya diikuti dengan penyerahan Sertifikat Pertanian Organik lada kelompok tani Mekar Bhakti di Sungai Kalu, KPGD. Pemberian penghargaan kepada Oviyard Ronanda sebagai Pekerja Sosial Masyarakat (PSM) terbaik 2 tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Lalu, ada pula penyerahan piagam penghargaan dari masyarakat Bidar Alam pada Kapolres Solsel, AKBP. Imam Yulisdianto, atas kepeduliannya terhadap kelestarian cagar budaya "Museum dan Tugu PDRI" di wilayah itu.

Menurut Pimpinan Cabang Bank Nagari Lubuk Gadang, Oktra Firdaus, bantuan tersebut merupakan bentuk komitmen Bank Nagari untuk turut serta membantu pemerintah daerah dalam usaha peningkatan kualitas pendidikan di daerah tersebut.

Di sisi lain, Direktur Utama PTBA, Arviyan Arifin menambahkan, selain bantuannya beasiswa juga akan dilakukan perbaikan fasilitas pada SDN O3 Pekonina, Solsel. Deretan bantuan itu katanya, termaktub dalam program BUMN hadir untuk negeri.

"Jadi, program BUMN Hadir untuk Negeri tak sekedar simbol kegiatan seluruh perusahaan plat merah. Lebih dari itu, kehadiran BUMN harus memberi dampak terhadap kehidupan masyarakat, bangsa dan negara," ujarnya.

Kegiatan peringatan Dirgahayu RI ke 73 di Solsel sendiri, berlangsung khidmat dan lancar. Dalam upacara Kenaikan bendera dihadiri Ketua DPRD, Kapolres, Dandim 0309 Solok, Kepala Kejaksaan, Ketua Pengadilan Agama, Anggota DPRD Provinsi dan Kabupaten, serta undangan lainnya.

Dalam rangkaian upacara tersebut juga diserahkan penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada perwakilan ASN yang telah mengabdikan diri 10, 20, dan 30 tahun.(rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar