MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 23:28 WIB

Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

<p>Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah<p>

VALORAnews - Kenagarian Persiapan Ulu Aie, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota bakal menjadi sentra produksi bawang merah. Hal itu terlihat...

4 Proyek DAK di Solsel Gagal Tender

AI Mangindo Kayo | Senin, 10-09-2018 | 20:18 WIB | 227 klik | Kab. Solok Selatan
<p>4 Proyek DAK di Solsel Gagal Tender<p>

Ilustrasi.

VALORAnews - Empat paket proyek Dana Alokasi Khusus (DAK) senilai Rp5,32 Miliar di Kabupaten Solok Selatan gagal tender. Hal ini disebabkan, tidak memenuhi persyaratan dari kementrian.

"Setelah dilakukan survei oleh kementerian, jumlah Sambungan Rumah (SR) tidak mencukupi sehingga dinilai tidak memenuhi syarat sehingga dananya kembali ke pusat," kata Kasubag Layanan Pengadaan Barang dan Jasa Bagian PBJ, Muhammad Yudi.

Empat paket yang gagal tender tersebut berada di Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman dan Lingkungan Hidup Solok Selatan untuk pemasangan pipa. Paket yang gagal tender tersebut yaitu lanjutan pengadaan pemasangan pipa transmisi distribusi HPDE ND 150 milimeter di Pekonina-Bukit Sapan Sari, Kecamatan Pauah Duo (Afirmasi) senilai Rp1,783 Miliar.


Kemudian, pengadaan pemasangan pipa transmisi distribusi HPDE ND 150 milimeter di Balun-Sungai Pangkua, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (Afirmasi) senilai Rp1,7 Miliar.

Selanjutnya, pengadaan pemasangan pipa transmisi distribusi HPDE ND 150 milimeter Lubuk Gadang, Kecamatan Sangir Rp600 juta.

Kemudian, Pembangunan SPAM IKK Sungai Aro, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh (Reguler) Rp1,237 miliar.

Kepala Bidang Perumkim Dinas Perumkim dan LH Solok Selatan, Erlangga mengatakan, syarat SR dari Kementerian sebanyak 200 unit sedangkan yang terpenuhi hanya 50 sambungan.

"Kalau kami paksakan memenuhi 200 sambungan maka bisa terjadi memanipulasi data, sehingga ditunda hingga tahun depan," katanya.

Dia menyebutkan, dana itu bukan dikembalikan ke pusat, hanya ditunda sementara sampai tahun berikutnya.

"Kami akan mengusulkan lagi tahun 2019 tapi disesuaikan dengan kebutuhan di lapangan," katanya.

Ditambahkan, untuk paket yang gagal tender tersebut, sebetulnya sudah dibuat perubahan rencana sambungan menjadi 50, tetapi tidak dipenuhi oleh kementerian. Untuk Solok Selatan kultur permukiman tidak sama dengan perkotaaan, oleh sebab itu susah mencari 200 unit SR. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar