MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2018-09-19 23:28 WIB

Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah

<p>Ulu Aie Bakal Jadi Sentra Produksi Bawang Merah<p>

VALORAnews - Kenagarian Persiapan Ulu Aie, Kecamatan Harau, Kabupaten Limapuluh Kota bakal menjadi sentra produksi bawang merah. Hal itu terlihat...

Kementrian Pariwisata Ajak Pengelola Travel Agen Luar Negeri Famtrip ke Solsel

AI Mangindo Kayo | Kamis, 13-09-2018 | 23:47 WIB | 295 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Kementrian Pariwisata Ajak Pengelola Travel Agen Luar Negeri Famtrip ke Solsel<p>

Tim Kemenpar RI bersama Pemda Solok Selatan, saat mengunjungi destinasi Goa Batu Kapal, pekan lalu. (humas)

VALORAnews - Rombongan Familiarization Trip dari Kementerian Pariwisata RI, kunjungi objek wisata yang ada di Kabupaten Solok Selatan pada awal pekan lalu. Rombongan terdiri dari 4 travel agent dari delegasi negara, berkunjung ke empat destinasi yang ada di Solok Selatan.

Di antara destinasi yang dikunjungi, Kawasan Saribu Rumah Gadang (SRG), Mesjid Kurang Aso 60, Kebun Teh Liki dan Goa Bau Kapal. Rombongan terdiri dari 4 orang delegasi travel agent Thailand, 5 orang delegasi travel agent Singapore dan 5 orang pendamping dari Asita dan Kemenpar RI.

Rombongan menginap di home stay yang ada di Kawasan Saribu Rumah Gadang dan menikmati keindahan di kawasan tersebut.


Bupati Solok Selatan, Muzni Zakaria, melalui Kabag Humas dan Protokoler, Firdaus Firman, menyampaikan apresiasinya kepada Kementrian Pariwisata, yang telah memilih Solok Selatan menjadi salah satu tujuan dari program Famtrip Kemenpar.

Menurutnya usaha Kemenpar RI melalui program ini patut diapresiasi karna dapat memacu wisatawan untuk terus berkunjung. Kemudian menurutnya dengan mengundang para travel agent asing hingga orang berpengaruh ke Indonesia mungkin bisa dibilang lebih murah ketimbang memasang iklan di luar negeri dan sebagainya.

Salah seorang travel agent dari Singapore, Dara dari Afandy Travel Singapore memuji keindahan dan kealamian objek wisata goa batu kapal yang berada di Kecamatan Sangir Balai Janggo, menurutnya keasriannya harus tetap dijaga.

Disamping itu ia juga memberikan beberapa masukan dan saran untuk pengembangan objek wisata yang ada di Solok Selatan.

"Akses jalan harus yang utama untuk di tingkatkan untuk menarik minat wisatawan untuk datang," ujarnya.

Selain itu, di Goa Batu Kapal ia juga menyarankan agar dilengkapi infrastruktur pendukungnya.

"Kita lihat sudah mulai berbenah, dan ini harus tetap ditingkatkan agar wisatawan bisa menikmatinya dengan," ungkapnya.

Ia mengatakan tertarik dengan goa batu kapal, apabila fasilitasnya sudah lengkap, tidak menutup kemungkinan ia akan datang kembali ke Solok Selatan. "Kalau bisa siap dalam satu tahun, kami akan datang lagi, In Syaa Allah," tuturnya.

Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Harry Trisna, mengatakan, pada tahun ini dikerjakan berbagai kegiatan pembangunan di salah satu obyek wisata andalan di Solsel tersebut.

"Tahun ini kita mulai bangun gapura, akses jalan setapak, lampu taman, serta gazebo untuk membuat wisatawan menjadi lebih nyaman lagi," jelasnya.

Sementara itu, Camat Sangir Balai Janggo, Muslim mengatakan, untuk saat ini objek wisata goa batu kapal memang sedang dalam proses pengerjaan fasilitas pendukung termasuk. "Kita terus berbenah untuk melengkapi berbagai fasilitas di goa batu kapal," tegasnya.

Menurut Muslim, berbagai pembangunan yang dilakukan di Gua Batu Kapal tersebut tidak hanya melibatkan pemerintah daerah, tetapi mereka juga merangkul berbagai perusahaan-perusahaan yang ada di daerah tersebut. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar