MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-10-18 12:02 WIB

Sirine Tsunami Bunyi Tanggal 13 dan 26, Artinya Lagi Ujicoba Rutin

<p>Sirine Tsunami Bunyi Tanggal 13 dan 26, Artinya Lagi Ujicoba Rutin<p>

VALORAnews - Dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana gempa dan tsunami, BPBD Kota Padang melakukan uji coba aktivasi...

Organisasi Merupakan Kesempatan Latihan Jadi Pemimpin

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 15-09-2018 | 18:12 WIB | 65 klik | Kota Padang
<p>Organisasi Merupakan Kesempatan Latihan Jadi Pemimpin<p>

Akademisi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, Hary Efendi Iskandar bersama Firdauz Diezo (moderator) pada "Kursus Kepemiluan bagi Pemilih Pemula" kerjasama KPU Padang dengan Forum OSIS Kota Padang, Sabtu (15/9/2018) di aula KPU Padang. (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Anak muda harus memiliki spirit dan mimpi besar, agar bisa jadi pemimpin tangguh di masa depan. Latihan jadi pemimpin itu, salah satunya ikut organisasi baik intra maupun ekstra sekolah.

Demikian dikatakan akademisi Fakultas Ilmu Budaya (FIB) Unand, Hary Efendi Iskandar pada "Kursus Kepemiluan bagi Pemilih Pemula" kerjasama KPU Padang dengan Forum OSIS Kota Padang, Sabtu (15/9/2018) di aula KPU Padang.

"Organisasi melatih kita untuk peduli, peka dan menumbuhkan rasa solidaritas pada persoalan yang dihadapi orang banyak. Siapa lagi yang harus mengurusnya, jika bukan orang-orang yang merelakan waktunya habis diorganisasi," kata Hary dalam kursus dengan moderator Alumnus Faculty of Law UKM Malaysia, Firdaus Diezo.


Dimata Hary, jika pengurus OSIS dihadapkan pada dua agenda bersamaan antara belajar di kelas atau menjalankan tugas-tugas organisasi, maka pilihan yang diambil itu mestinya meninggalkan bangku sekolah.

"Belajar di kelas itu hanya untuk kepentingan pribadi kita. Jika memilih belajar, maka kita kehilangan kesempatan untuk menumbuhkan sikap kepedulian, peka dan solidaritas yang mesti dimiliki seorang pemimpin. Adik-adik adalah calon pemimpin di masa depan," ujar Hary yang juga Sekjen BEM Unand 1998/1999.

Hary mengapresiasi siswa di Padang yang telah berhimpun dalam sebuah forum. Dimana, forum ini juga turunan dari organisasi nasional bernama Forum OSIS Nusantara.

"Di era saya sekolah, ini tak ada. Beruntung lah adik-adik yang tergabung dalam organisasi ini sehingga memiliki kesempatan melatih diri mengurus orang banyak," terangnya.

Kursus ini juga diisi dengan sesi tanya jawab. Banyak hal ditanyakan mulai dari sistem kepemiluan hingga persoalan bersilewerannya berita hoaks. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Pendidikan

<p>SMAN 7 Solsel Butuh Tiga Unit Labor<p> Selasa, 16-10-2018 18:59 WIB

SMAN 7 Solsel Butuh Tiga Unit Labor

<p>Ini Harapan Mahyeldi di Penilaian LSS<p> Senin, 15-10-2018 18:00 WIB

Ini Harapan Mahyeldi di Penilaian LSS