MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-10-18 12:02 WIB

Sirine Tsunami Bunyi Tanggal 13 dan 26, Artinya Lagi Ujicoba Rutin

<p>Sirine Tsunami Bunyi Tanggal 13 dan 26, Artinya Lagi Ujicoba Rutin<p>

VALORAnews - Dalam rangka peningkatan kesiapsiagaan dalam penanggulangan bencana gempa dan tsunami, BPBD Kota Padang melakukan uji coba aktivasi...

Enam dari 10 Kepala Daerah Hadiri Pernyataan Dukungan

Ketua PAN Pessel Dukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nyatakan Siap Dipecat

AI Mangindo Kayo | Selasa, 18-09-2018 | 22:39 WIB | 219 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Ketua PAN Pessel Dukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin, Nyatakan Siap Dipecat<p>

Dari kiri ke kanan, Zul Efian, Yuswir Arifin, Hendrajoni, Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Yusuf Lubis dan Irfendi Arbi menyatakan dukungan pada Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden pada Pemilu 2019 mendatang di Hotel Grand Inna Muara, Selasa (18/9/2018) malam. (istimewa)

VALORAnews - Ketua PAN Pesisir Selatan, Hendrajoni menyatakan dukungannya pada Joko Widodo-Ma'ruf Amin sebagai calon presiden dan wakil presiden yang akan berlaga di pemilu 2019 mendatang.

Hendrajoni yang juga bupati Pesisir Selatan itu, datang berpakaian dinas lengkap mendampingi lima orang kepala daerah lainnya yang juga menyatakan dukungan terbuka ke Joko Widodo-Ma'ruf Amin di Grand Hotel Inna Muara, Padang, Selasa (18/9/2018) malam.

"Sebagai kepala daerah, atasan saya itu adalah presiden. Saya mendukung pemerintahan Joko Widodo, sebab banyak pembangunan yang telah dirasakan masyarakat," kata Hendrajoni dalam keterangannya dihadapan puluhan wartawan media cetak, televisi dan siber di Sumbar.


Hendrajoni menegaskan, dirinya siap diberi sanksi oleh partainya karena memilih tidak sehaluan dengan calon presiden yang diusung PAN bersama mitra koalisinya, Gerindra dan PKS, Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

"Sebagai ketua partai, saya tetap menjalankan tugas kepartaian untuk membesarkan PAN di Pessel. Namun atas sikap ini (Mendukung Jokowi-red), saya siap menerima sanksi bahkan dipecat sekalipun. Itu konsekwensi yang harus dihadapi," tegas Hendrajoni.

Sehari sebelumnya, di antara awak media sempat tersiar kabar, deklarasi dukuongan ini akan dibacakan usai pelantikan walikota dan wakil walikota Sawahlunto, di aula kantor gubernur Sumbar, Senin (17/9/2018). Saat itu, sejumlah wartawan yang telah menanti momen itu, berhasil mengambil gambar (foto) kertas berisi dukungan disertai tandatangan sejumlah kepala daerah.

Sayang, usai dialog para kepala daerah itu dengan pejabat tinggi di Sumbar, dukungan ini urung dibacakan. Akhirnya, berselang satu hari kemudian, berbarengan dengan momen pembukaan acara OP Sumber Daya Air Kementerian PU, para kepala daerah ini menyatakan dukungannya di lantai dasar Hotel Grand Inna Muara. Acara OP Sumber Daya Air itu sendiri berlangsung di Lantai I hotel yang beralamat di Jl Gereja, Padang itu.

Enam kepala daerah itu yakni Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan, Irfendi Arbi (Bupati Limapuluh Kota), Yusuf Lubis (Bupati Pasaman), Yuswir Arifin (Bupati Sijunjung), Hendrajoni (Bupati Pesisir Selatan) dan Zul Elfian (Walikota Solok).

Ada 10 Kepala Daerah Mendukung

Dikatakan Sutan Riska Tuanku Kerajaan, sebetulnya ada 10 kepala daerah yang juga menyatakan dukungan kepada Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Yang berhalangan hadir pada pernyataan sikap pada Selasa malam itu yakni Bupati Solok, Gusmal, Bupati Mentawai, Yudas Sabagalet, Bupati Tanahdatar, Irdinansyah Tarmizi dan Walikota Bukittinggi, Ramlan Nurmatis.

Pantauan di lokasi, Ramlan Nurmatis tampak hadir di loby hotel, setelah pernyataan dukungan ini selesai dibacakan. Saat Ramlan datang, sejumlah koleganya telah meninggalkan lokasi kegiatan. Setelah menelpon beberapa kali lalu naik lift ditemani ajudannya, Ramlan tak berapa lama kemudian, kembali ke loby hotel bersama Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Mereka tampak berbincang-bincang sembari ngopi bareng di restoran hotel itu.

"Semua sudah menyatakan sikap dengan surat dukungan pada Joko Widodo-Ma'ruf Amin. Saya dititahkan untuk mewakili dalam memberikan keterangan dukungan pada Bapak Jokowi," ungkap Sutan Riska Tuanku Kerajaan mengawali keterangannya pada wartawan.

Menurut Sutan Riska, dukungan tersebut mengalir bukan tanpa alasan. Sebab, kepala daerah merasakan betul pembangunan. Presiden memberikan perhatian khusus pada daerah di Sumbar dan Indonesia secara umum.

"Berbagai program pembangunan sudah kami rasakan. Kami ingin pemerintahan dilanjutkan oleh Pak Presiden Jokowi," kata St Riska yang juga politisi PDI Perjuangan itu.

Hal senada dikatakan Bupati Sijunjung, Yuswir Arifin. "APBD kita terbatas. Secara dominan, kita butuh bantuan pusat. Saya sangat mendukung beliau melanjutkan pembangunan," kata Yuswir.

Sedangkan Walikota Solok, Zul Elfian menyatakan, "Pak Jokowi mampu membawa Indonesia ke arah yang lebih baik. Jokowi akan mendukung pembangunan di semua sektor."

Bupati Limapuluh Kota Irfendi Arbi berucap, "Kita cocok, kita senang, kita suka dengan Presiden Jokowi. Karena Indonesia sudah harum di mata Internasional. Dia bisa membawa Indonesia menjadi bangsa luar biasa." (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar