MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Pemko Padang Dukung E-Katalog Produk Lokal di Pengadaan Barang dan Jasa

AI Mangindo Kayo | Kamis, 18-10-2018 | 18:12 WIB | 66 klik | Kota Padang
<p>Pemko Padang Dukung E-Katalog Produk Lokal di Pengadaan Barang dan Jasa<p>

Wako Padang, Mahyeldi memberikan sambutan pada Sosialisasi dan Assesment Penyelenggaraan Katalog Elektronik atau E-Katalog Lokal di Padang, Kamis (18/10/2010). (humas)

VALORAnews - Pengadaan barang/jasa merupakan kegiatan yang rutin dilakukan setiap tahunnya baik bersumber dari dana APBD/APBN atau hibah lainnya. Peraturan pengadaan barang/jasa pemerintah ini dimaksudkan untuk memberikan pedoman mengenai tata cara pengadaan yang sederhana, jelas dan komprehensif sesuai dengan tata kelola yang baik.

Proses pengadaannya harus sejalan dengan regulasi dalam bidang pengadaan barang/jasa pemerintah, dimana aturan terakhir yakni Peraturan Presiden (Perpres) No 16 Tahun 2018 tentang Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah beserta aturan turunannya.

"Diharapkan, pengadaan ini dapat meningkatkan iklim investasi yang kondusif, efisiensi belanja negara dan percepatan realisasi pelaksanaan APBD/APBN," ungkap Walikota Padang, Mahyeldi pada Sosialisasi dan Assesment Penyelenggaraan Katalog Elektronik atau E-Katalog Lokal di Padang, Kamis (18/10/2010).


Sosialisasi ini diikuti perwakilan OPD di lingkup Pemko Padang, dengan dihadiri Direktur Pengembangan Sistem Katalog LKPP RI, Emin Adhy Muhaemin dan jajaran, Kepala Biro Administrasi Pengadaan dan Pengelolaan Barang Milik Daerah Sumbar, Wadarusman, Kepala Bagian Layanan Setda Kota Padang, Yoga Natasha Amin serta pihak terkait lainnya.

Dikatakan Mahyeldi, mengingat pentingnya sektor pengadaan barang dan jasa ini maka perlu terus dilakukan inovasi dengan tetap menjaga prinsip pengadaannya agar senantiasa efisien, efektif, transparan, terbuka, bersaing, adil dan akuntabel.

Salah satunya adalah proses pengadaan barang dan jasa melalui E-Katalog baik nasional maupun daerah.

"Pengembangan E-Katalog daerah ini sejalan dengan komitmen Pemerintah Kota Padang untuk mewujudkan pemerintahan yang baik dan bersih (good governance and cleand government). Kemudian juga sesuai dengan yang diamanatkan Perpres No 16 tahun 2018 tentang Pengadaan Barang dan jasa," paparnya.

Ia menjelaskan, selain sebagai wujud transparansi dan akuntabilitas penggunaan anggaran negara dalam pengadaan barang dan jasa, E-Katalog daerah diharapkan dapat menghindari terjadinya praktik penyimpangan-penyimpangan dalam proses pengadaan barang dan jasa.

Selain itu, dengan E-Katalog daerah diharapkan juga berfungsi sebagai wadah untuk mempromosikan barang dan jasa yang dihasilkan Kota Padang ke daerah lain.

"Keberadaan E-Katalog lokal ini nantinya akan meprioritaskan penyedia barang dan jasa untuk pemerintah daerah dari pengusaha lokal baik melalui usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) serta koperasi," terangnya.

"Kita tentu berharap, melalui E-Katalog daerah ini akan memperluas jaringan informasi produk lokal termasuk UMKM ke tingkat nasional. Di samping terutama mempercepat pelaksanaan pembangunan karena dapat menghemat proses pengadaan barang dan jasa yang tidak lagi melalui proses tender," tambah Mahyeldi.

Disebutkan Mahyeldi, atas nama Pemerintah Kota Padang, mengharapkan dukungan dari semua stakeholder dan instansi terkait khususnya dari Lembaga Kebijakan Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah (LKPP) RI dalam pengembangan E-Katalog daerah.

Sehingga, proses pengadaan barang dan jasa di Kota Padang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah serta diperoleh barang dan jasa dengan kualitas dan harga terbaik yang sesuai dengan tujuan dan prinsip pengadaan barang dan jasa pemerintah.

"Pemko Padang menyatakan siap untuk mengikuti semua tahapan dan prosedur dalam pengembangan E-Katalog daerah ini, sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku," tukasnya.

"Untuk itu, kita menyampaikan penghargaan dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Kepala LKPP RI beserta jajaran yang telah merespon keinginan Pemko Padang dalam pengembangan E-Katalog daerah di Kota Padang," urai Mahyeldi.

"Kemudian, kepada seluruh OPD di lingkungan Pemko Padang diharapkandapat mendukung proses pengembangan E-Katalog daerah ini. Sehingga apa yang menjadi harapan kita bersama dapat terwujud," tukasnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kota Padang