MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Kesenian Kreasi Ponpes Nurul Huda Meriahkan Pembukaan HSN Tingkat Sumbar

AI Mangindo Kayo | Jumat, 19-10-2018 | 16:52 WIB | 135 klik | Kab. Agam
<p>Kesenian Kreasi Ponpes Nurul Huda Meriahkan Pembukaan HSN Tingkat Sumbar<p>

Unjuk kebolehan seni kreasi dari santriwan Ponpes Nurul Huda Lubukbasuang, pada peringatan Hari Santri Nasional di Madrasah Tarbiyah Islamiyyah (MTI) Canduang, Kamis (18/10/2018). (humas)

VALORAnews - Grand Opening Hari Santri Nasional (HSN) tingkat Provinsi Sumatera Barat, dimeriahkan kesenian kreasi dari Pondok Pesantren (Ponpes) Nurul Huda, Kecamatan Lubuk Basung. Grand Opening HSN ini dipusatkan di Madrasah Tarbiyah Islamiyyah (MTI) Canduang, Kamis (18/10/2018).

Kesenian kreasi ditampilkan seperti tambua tansa, tari piring, talempong dan pupuik, yang membuat tamu undangan terpukau dengan lantunan musik kesenian tradisional Minangkabau tersebut.

Sekab Agam, Martias Wanto Dt Maruhun, mengapresiasi kesenian kreasi yang ditampilkan santriwan/wati Ponpes Nurul Huda Lubukbasung itu.


"Ini membuktikan bahwa selain bisa pelajaran agama Islam, santriwan/wati Agam juga menguasai ilmu bidang kesenian," ujarnya.

Sebetulnya ini yang diharapkan Pemkab Agam. Selain melestarikan dan mengembangkan ajaran agama Islam pada generasi, juga didukung dengan adat dan budaya, karena keduanya miliki kaitan yang erat.

"Filosofi Minangkabau menyatakan bahwa adat basandi syarak, syarak basandi kitabullah (ABS-SBK)," ujarnya.

Dengan demikian, pendidikan keagamaan dan adat budaya ini menjadi salah satu indikator yang dimuat dalam gerakan Nagari Madani yang dicanangkan tahun lalu. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar