MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Dua Pencuri Kabel Telkom Digulung Personel Satlantas Polres Solsel

AI Mangindo Kayo | Minggu, 21-10-2018 | 21:38 WIB | 2371 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Dua Pencuri Kabel Telkom Digulung Personel Satlantas Polres Solsel<p>

Mobil yang digunakan pelaku saat menjalankan aksi pencurian kabel telkom, telah diamankan di Mapolres Solsel. (diky lesmana/valoranews)

VALORAnews - Personel Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Solok Selatan, menggagalkan aksi pencurian spesialis kabel Telkom, Sabtu (20/10/2018) sekitar pukul 02.00 WIB dini hari. Pelaku terhenti langkahnya setelah sempat menerobos pagar betis dua Polsek sebelumnya.

Polisi berhasil mengamankan dua pelaku yakni, Ridwan (35) warga Kayu Tanam, Kabupaten Padangpariaman dan Badri Sahara (34) warga Koto Tinggi, Sangir, Solok Selatan. Berikut dari tangan pelaku, diamankan satu unit mobil Toyota Calia BA 1116 LS, kabel tembaga sepanjang 200 meter dan alat pemotong kabel.

Dari informasi yang dirangkum, sebelumnya ada dua pelaku yang tengah menjalankan aksi pencurian kabel telkom di Jorong Mantirai, Nagari Pulakek Koto Baru, Kecamatan Sungai Pagu, pada malam itu.


Gerak gerik pelaku telah diintai warga setempat. Saat pelaku melancarkan aksinya, warga berupaya menangkap pelaku. Namun, upaya warga gagal pelaku berhasil meloloskan diri dengan menggunakan mobil.

Kejadian itu, diberitahukan warga ke Polsek Sungai Pagu. Personel Polsek yang bertugas malam itu, berupaya menghentikan pelaku dengan membuat pagar betis di jalan depan Polsek Sungai Pagu.

Selanjutnya, personel Polsek Sungai Pagu, meneruskan informasi tersebut ke Polsek KPGD. Personel Polsek KPGD juga mengalami hal yang serupa, upaya penghentian mobil pelaku tidak bisa dilakukan. Pelaku dengan membabi buta menerobos barikade polisi.

Kapolres Solok Selatan, AKBP Imam Yulisdianto melalui Kapolsek Sungai Pagu, AKP Henwel mengatakan, beruntung saat itu personel Satlantas Polres Solok Selatan tengah memonitor kejadian itu. Bripka Firmansyah tengah bertugas melakukan pengawalan kendaraan pengangkut alat berat, untuk proyek panas bumi.

"Danpos Satlantas Sungai Pagu ini, langsung berinisiatif untuk melakukan penghentian mobil pelaku. Dengan cara menghadang mobil pelaku dengan mobil truk pengangkut alat berat tersebut," katanya.

Menurutnya, pelaku tepatnya dihadang di daerah Balun, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh. Akhirnya, pelarian pelaku berakhir dengan hadangan truk pengangkut alat berat. Pelaku tak bisa lagi menerobos brikade tersebut dan langsung menyerahkan diri.

"Sesaat pelaku terhenti personel Polsek Sungai Pagu dan Polsek KPGD tiba dilokasi dan langsung mengamankan pelaku berikut barang bukti ke Mapolsek Sungai Pagu," jelasnya.

Saat ini, kedua pelaku dan barang bukti, lanjut Henwel, telah diamankan untuk proses lebih lanjut. Diduga keduanya, telah melancarkan aksinya di beberapa tempat. Namun, masih dalam pemeriksaan untuk pendalaman.

"Selain itu, kita menunggu pihak Telkom untuk mengintevarisir asetnya yang hilang diambil pelaku. Termasuk dilokasi lain yang masih berada di Sungai Pagu," pungkasnya.

Terpisah, Kasat Lantas Polres Solok Selatan, Iptu Mardianto mengapresiasi personelnya yang telah berhasil menggagalkan aksi pencurian kabel telkom tersebut. Menurutnya, personel Satlantas itu, tidak saja mengurusi lalu lintas dan kecelakaan. Hal seperti ini, juga menjadi tugas sejatinya polisi.

"Salah satu bentuk kenyamanan yang diberikan kepada masyarakat, adalah salah satu tugas polisi dan ini salah satunya," katanya.

Diharapkan, kepada personel Satlantas Polres Solok Selatan selain menjadi promoter keselamatan berlalu lintas. Jadilah polisi yang peka dan selalu memberikan pelayanan dan kenyamanan terbaik kepada masyarakat. (dky)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah