MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

KPU Sijunjung Latih 100 Pemilih jadi Laskar Demokrasi

AI Mangindo Kayo | Senin, 22-10-2018 | 17:03 WIB | 113 klik | Kab. Sijunjung
<p>KPU Sijunjung Latih 100 Pemilih jadi Laskar Demokrasi<p>

KPU Sijunjung Latih 100 Pemilih jadi Laskar Demokrasi

VALORAnews -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sijunjung, melatih 100 pemilih jadi 'laskar demokrasi' lewat program kursus pemilu. Kegiatan itu digelar pada 22-26 Oktober 2018 di Rumah Pintar Pemilu KPU Sijunjung. Peserta berasal kalangan keagamaan, perempuan, pemuda, warganet dan tokoh organisasi masyarakat.

"Sebagai amanat dari program KPU RI tentang kursus pemilu, KPU Sijunjung mengadakan kegiatan pendidikan kepemiluan untuk lima kalangan. Masing-masing terdiri dari 20 orang. Mereka yang dimaksud dipastikan sudah terdaftar sebagai pemilih di Kabupaten Sijunjung," kata Ketua KPU Sijunjung, Lindo Karsyah kepada wartawan, Senin (22/10/2018).

Lindo menjelaskan, yang dimaksud dengan laskar demokrasi adalah pada akhirnya dari kursus pemilu, peserta menjadi ujung tombak penyelenggara pemilu dalam mensyiarkan tahapan, pendidikan pemilih, dan sosialisasi hal ihwal kepemiluan.


"Dengan kata lain, mereka sebagai laskar demokrasi adalah pemilih motovatif. Pemilih yang tidak hanya datang sendiri ke tempat pemunggutan suara, tetapi mengajak banyak pemilih lain untuk mengunakan hak suaranya," terangnya.

Mereka menjinakan anak tiri demokrasi, yaitu kalangan yang tidak mengunakan hak konstitusinya alias golput," tambah Lindo.

Adapun materi yang disampaikan, kata anggota KPU Sijunjung yang membidangi partisipasi masyarakat, Gunawan, Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu, Sejarah Pemilu di Indonesia, Sejarah KPU, hak dan kewajiban warga negara, demokrasi dan pemilu, dan tahapan penyelenggaran Pemilu 2019.
Pemateri kursus pemilu adalah anggota KPU Sijunjung, yaitu Deki Zulkarnain, Fahrul Rozi Burda, Gunawan dan Nafwan. Peserta diberi baju sosialisasi dan sertifikat.

Baju dimaksudkan sebagai alat informasi berjalan. Sedangkan sertifikat bisa digunakan sebagai nilai tambah dalam riwayat hidup dan untuk rekrutmen penyelenggara pemilu. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah

Berita Kab. Sijunjung