MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2018-11-15 19:13 WIB

Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal

<p>Walikota Padang Sambut PPHI Bersinergi Bangun Pariwisata Halal<p>

VALORAnews -- Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyambut positif keberadaan Persatuan Pariwisata Halal Indonesia (PPHI) Sumatera Barat. Hal itu...

Kontingen Solsel Dapat Peringkat di Semua Lomba HPS Tingkat Provinsi

AI Mangindo Kayo | Kamis, 08-11-2018 | 21:51 WIB | 268 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Kontingen Solsel Dapat Peringkat di Semua Lomba HPS Tingkat Provinsi<p>

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Solsel, Del Irwan berfoto bersama TP PKK Solsel usai penerimaan hadiah lomba pada Hari Pangan Sedunia ke 38 di Dharmasraya. (humas)

VALORAnews - Kontingen Kabupaten Solok Selatan, berhasil mendapatkan peringkat dalam semua kategori lomba yang diadakan pada peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-38 tingkat provinsi di Lapangan Bola Kaki Koto Agung, Nagari Sungai Duo, Kecamatan Sitiung, Kabupaten Dharmasraya pada 6-8 November 2018.

"Alhamdulillah, dalam 2 kategori lomba yang diadakan, kita berhasil mendapatkan peringkat kedua," ujar Kadis Ketahanan Pangan & Perikanan Solsel, Del Irwan.

Kontingen Solok Selatan yang mengikutsertakan Tim dari TP-PKK tersebut, berhasil jadi juara 3 pada lomba Pengolahan Pangan Lokal, juara harapan II Pada Lomba Cipta Menu B2SA (Berimbang, Bergizi, Sehat dan Aman) berbasis sumber daya lokal.


"Untuk Lomba Pengolahan Pangan Lokal, bahan baku yang digunakan adalah talas, sedangkan pada lomba cipta menu B2SA, bahan yang digunakan adalah ganyong (sejenis ubi)," jelasnya

Del Irwan menjelaskan, bahwa tim yang berhasil mendapatkan peringkat tersebut berasal dari TP-PKK Solsel dibawah binaan Suriati Muzni Zakaria.

"Beliau mendukung penuh setiap kegiatan-kegiatan dan terlibat aktif dalam pembinaan-pembinaan yang kita lakukan terkait pangan ini," ungkapnya.

Kedepan, menurut Del Irwan, akan dibicarakan khusus dengan OPD terkait agar pengembangan menu ini tidak sebatas pada lomba semata, tapi bagaimana bisa menjadi sebuah produk pangan lokal yang bisa dinikmati oleh masyarakat banyak, termasuk para wisatawan.

"Ini jelas memacu kami untuk mengembangkan produk pangan lokal. Terbukti produk olahan kita mempunyai cita rasa serta bergizi. Tahun lalu, kita juga jadi Juara I pada lomba pengolahan pangan lokal," tukasnya.

Selain lomba, Kegiatan yang berlangsung dari 6-8 November ini, juga diisi dengan berbagai kegiatan, sosialisiasi pangan aman, temu usaha dan temu teknologi hidroponik, sosialisasi pola pangan harapan, pameran ketahanan pangan, pagelaran kesenian daerah dan Kunjungan lapangan. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Ranah