MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-12-16 21:11 WIB

Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari

<p>Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari<p>

VALORAnews - Gempabumi mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad (16/12/2018), pada pukul 00.07 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika...

Kejurnas Barongsai Diikuti 13 Utusan Provinsi

AI Mangindo Kayo | Minggu, 11-11-2018 | 19:37 WIB | 107 klik | Kota Padang
<p>Kejurnas Barongsai Diikuti 13 Utusan Provinsi<p>

Dua singa yang akan unjuk kebolehan pada Kejurnas Barongsai yang digelar di GOR HBT Kampung Pondok, Kota Padang, Jumat (9/11/2018) malam. (humas)

VALORAnews - Kejuaraan Nasional (Kejurnas) Barongsai, dibuka di GOR HBT Kampung Pondok, Kota Padang, Jumat (9/11/2018) malam. Ratusan peserta dari 13 provinsi menampilkan kebolehannya dalam perhelatan Federasi Olahraga Barongsai Indonesia (FOBI) yang pertama digelar di luar Jawa ini.

Uniknya Barongsai bukan sekadar olahraga prestasi, namun keunikan olahraga yang mulai ujicoba pada PON 2016 di Jawa Barat lalu itu, juga memadukan seni dan budaya. Penampilan peserta dipastikan memukau pengunjung dan menjadi daya tarik bagi wisatawan.

Kompetisi ini akan berlangsung hingga Ahad (11/11/2018). Ada sembilan nomor atau kategori yang dilombakan, diantaranya Naga Halang Rintang, Naga Kecepatan dan Barongsai Tradisional.


Walikota Padang, Mahyeldi menyambut baik iven ini. Katanya, sejak awal komitmen Pemko Padang memang akan menghadirkan event-event besar berskala nasional di ibu kota provinsi Sumbar ini. Menurutnya, digelarnya event besar FOBI di Padang artinya mendatangkan banyak orang sehingga memberikan efek promosi pariwisata.

"Pemko Padang berkomitmen menjadikan Kota Padang sebagai destinasi. Kita berupaya menghadirkan event besar sehingga Padang semakin ramai, tentunya berdampak terhadap ekonomi sekaligus promosi pariwisata," ujar Mahyeldi.

Ia mengapresiasi Anggota DPRD Padang, Iswanto Kwara yang memprakarsai terlaksananya Kejurnas FOBI melalui pokok-pokok pikiran pada APBD. "Kota Padang membutuhkan orang yang peduli olah raga. Kita mengapresiasi Kejurnas FOBI yang dihelat anggota DPRD sekaligus Ketua Pengprov FOBI Sumbar," tukasnya.

Sekdaprov Sumbar, Alwis dalam sambutannya menyebutkan, barongsai merupakan jenis olahraga yang sulit karena menggabungkan koordinasi gerak tubuh dan seni pertunjukan yang rumit. Untuk itu, perlu latihan yang rutin agar atlet semakin mahir dan terasah.

"Kesulitan yang tinggi dalam olahraga barongsai, membutuhkan latihan rutin. Di sisi lain kesulitan dan keunikannya justru menjadikan daya tarik dalam wisata budaya," kata Alwis.

Selaku panitia sekaligus Ketua Pengprov FOBI Sumbar, Iswanto Kwara menyebut, kejurnas kali ini terselenggara berkat dukungan semua pihak. Pembiyaan selaku tuan rumah dibebankan pada APBD Padang melalui pokok-pokok pikiran selaku anggota legislatif daerah pemilihan Padang Barat, Padang Utara dan Nanggalo.

Disamping itu, Iswanto berkeinginan, olahraga barongsai semakin berkembang dan melahirkan atlet-atlet berprestasi di tingkat nasional. Terutama atlet-atlet barongsai asal Sumbar agar semakin termotivasi untuk memacu prestasi.

"Lebih dari itu, FOBI Sumatera Barat tentu berkeinginan juga olahraga barongsai memberikan kontribusi yang besar bagi perkembangan pariwisata dan budaya," tukasnya.

Pada kesempatan ini, GOR Himpunan Bersatu Teguh (HBT) dipadati ribuan orang. Selain kontingen hadir para undangan terhormat, di antaranya anggota DPR RI, Alex Indra Lukman, anggota DPRD Sumbar, Albert Hendra Lukman, Ketua DPRD Padang, Elly Trisyanti, Ketua Umum KONI Sumbar, Ketua Umum FOBI pusat serta para tuako. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Sport