MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-12-16 21:11 WIB

Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari

<p>Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari<p>

VALORAnews - Gempabumi mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad (16/12/2018), pada pukul 00.07 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika...

Nasrul Abit Tutup Sumbar Expo 2018

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 17-11-2018 | 16:14 WIB | 100 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>Nasrul Abit Tutup Sumbar Expo 2018<p>

Wagub Sumbar, Nasrul Abit menyumbangkan suara emasnya pada malam ramah tamah penutupan Sumbar Expo 2018 di rumah dinas Wakil Walikota Makassar, Sabtu (17/11/2018) malam. (humas)

VALORAnews - Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit menyebutkan, Sumbar Expo 2019 akan dilaksanakan di Kota Medan, Sumatera Utara. Hal itu dikatakan Nasrul Abit, usai silaturahmi dengan perantau Minang bersama Pemko Makassar, Sabtu (17/11/2018) malam, di rumah dinas Wakil Walikota Makassar, Syamsu Rizal.

"Dipilihnya Medan sebagai tuan rumah, salah satu alasannya atas permintaan Ikatan Keluarga Minang yang ada di sana dan tentunya juga seluruh masyarakat Minang yang ada di sana juga," ujarnya.

Untuk Sumbar Expo 2019, dia menjelaskan, akan terlebih dulu dilaksanakan penjajakan di Medan. Yang tidak kalah pentingnya, akan dilakukan evaluasi untuk Sumbar Expo 2018.


"Kekurangan-kekurangan akan diperbaiki, sehingga produk-produk yang ditampilkan tersebut benar-benar dikenal dan masyarakat disitu mau membeli. Kabupaten/kota harus bisa menyajikan dan mengemas produk-produk unggulan mereka, sehingga jangka panjangnya akan memancing wisatawan untuk datang ke daerah tersebut," sebutnya.

Selanjutnya, Nasrul Abit berharap, pelaksanaan Sumbar Expo 2018 ini kunjungan wisatawan ke Sumbar akan terus meningkat terutama wisatawan yang berasal dari Makassar.

"Barangkali selama ini anggapan masyarakat Makassar, Sumbar itu jauh, namun dengan sudah adanya penerbangan langsung ke Padang tentu ini membuka pintu agar masyarakat Sulsel bisa berwisata ke Sumbar, ditambah lagi secara sejarah orang Minang mempunyai keterkaitan dengan orang Makassar," ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Wali Kota Makassar, Syamsu Rizal menyampaikan, dampak Sumbar Expo bagi Kota Makassar yakni membuka peluang dan kesempatan, bahwa ternyata Sumbar itu dengan segala macam potensinya bisa memberikan peluang besar untuk bekerjasama.

"Bagaimana pun juga, secara kultur, masyarakat Makassar mempunyai kedekatan emosional dengan Minangkabau sehingga bisa jadi perekat dan pendorong untuk kerjasama yang panjang ke depannya," terang Syamsu Rizal.

Menurut Syamsu Rizal yang juga sumando orang Minang, karakteristik orang Minang dengan orang Makassar hampir sama, yakni sama-sama perantau, sehingga Sumbar Expo ini akan membuka jalan bagi pengusaha-pengusaha lokal di Makassar untuk mencoba peluang yang ditawarkan oleh Sumbar.

Selain itu, dia mengatakan, kontribusi orang Minang di Makassar luar biasa karena orang Minang itu terkenal berbisnis tapi jarang melanggar aturan. Sebagian besar orang Minang di sini, terangnya, membuka usaha rumah makan, jarang yang menjadi pedagang kaki lima dan bisa mengikuti aturan sehingga ini dijadikan contoh bagi yang lain ditengah beragamnya masyarakat di Makassar ini.

"Kami juga mengajak dan mengikutsertakan orang Minang di sini, untuk ikut dalam berbagai kegiatan apalagi ketika ada kegiatan-kebudayaan. Artinya, kami menganggap apa yang dilakukan oleh orang Minang memberikan hal yang positif bagi pemerintahan," tuturnya. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat