MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-12-16 21:11 WIB

Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari

<p>Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari<p>

VALORAnews - Gempabumi mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad (16/12/2018), pada pukul 00.07 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika...

Padang Sosialisasikan RANHAM 2018

AI Mangindo Kayo | Senin, 19-11-2018 | 18:21 WIB | 169 klik | Kota Padang
<p>Padang Sosialisasikan RANHAM 2018<p>

Kepala Bagian Hukum Setda Kota Padang, Suhandra saat membuka acara Sosialisasi RANHAM 2018 yang diadakan Bagian Hukum Setda Kota Padang, Senin (19/11/2018). (humas)

VALORAnews - Pemerintah Daerah bertanggungjawab atas pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia (RANHAM) sesuai dengan kewenangan masing-masing, berdasarkan peraturan Perundang-undangan yang berlaku.

Terhadap aksi Ham tersebut, Pemerintah Daerah wajib melaporkan ke kantor Sekretariat Presiden sebanyak empat kali setahun. Untuk terwujudnya laporan Ranham per triwulan ini perlu dukungan/ partisipasi aktif dari beberapa SKPD dan Instansi vertikal di lingkungan Pemerintah Kota Padang.

Hal tersebut disampaikan Kepala Bagian Hukum Setda Kota Padang, Suhandra saat membuka acara Sosialisasi RANHAM 2018 yang diadakan Bagian Hukum Setda Kota Padang, Senin (19/11/2018).


Dikatakan Suhandra, untuk memotivasi Pemda dalam melaksanakan penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan dan pemajuan HAM, Pemerintah Pusat melalui Kementrian Hukum dan HAM melakukan penilaian yang diukur berdasarkan Indikator, Struktur, proses dan hasil yang meliputi, Hak atas kesehatan, hak atas pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

"Alhamdulillah, Pemko Padang telah berhasil meraih penghargaan sebagai Kota Peduli HAM sebanyak 3 kali berturut-turut dari tahun 2015 hingga 2017. Untuk 2018, Pemerintah Kota Padang kembali mendapat penghargaan tersebut untuk yang ke-4 kalinya," ungkapnya.

"In Syaa Allah, penghargaan tersebut akan diserahkan Desember 2018 nanti di Kementrian Hukum dan HAM RI," terang Suhandra.

"Atas nama Pemerintah Kota Padang, saya mengucapkan terima kasih yang setinggi-tingginya kepada seluruh pihak yang telah berdedikasi untuk kembali meraih penghargaan ini."

"Kepada peserta Sosialisasi yang telah hadir dan saya berharap untuk dapat mengikuti kegiatan ini dengan seksama dan penuh perhatian, sehingga dapat menerapkannya dilingkungan kerja masing-masing," tambah Suhandra.

Sementara itu, panitia pelaksana kegiatan sosialisasi, Sri Hartati menyampaikan, tujuan diadakannya sosialisasi ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahamam kepala SKPD atau pejabat yang ditujukan terhadap Rencana Aksi Nasional Hak Asasi Manusia dan kota peduli HAM, agar semua program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh SKPD sudah sesuai dan mengakomodir, agar terpenuhinya data pelaporan dan kota peduli HAM.

Peserta sosialisasi RANHAM ini sebanyak 52 orang dari unsur SKPD di lingkungan Pemerintah Kota Padang, sedangkan Nara sumber dari kegiatan ini Kanwil Hukum dan HAM Sumatera Barat. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar