MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2018-12-16 21:11 WIB

Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari

<p>Gempabumi Tektonik Aktifitas Sesar Sumatera Kejutkan Warga di Dinihari<p>

VALORAnews - Gempabumi mengguncang sebagian wilayah Sumatera Barat, Ahad (16/12/2018), pada pukul 00.07 WIB. Hasil analisa BMKG Stasiun Geofisika...

Seribuan Bibit Manggis Ditanam di Lubuk Gadang Utara

AI Mangindo Kayo | Senin, 03-12-2018 | 21:52 WIB | 254 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Seribuan Bibit Manggis Ditanam di Lubuk Gadang Utara<p>

Ketua TP PKK Solok Selatan, Ny Suriati Muzni melakukan penanaman perdana pohon manggis. (humas)

VALORAnews - Kelompok tani (Poktan) Mutiara Tani Nagari Lubuk Gadang Utara, Kecamatan Sangir, Solok Selatan melakukan penanaman perdana 1.300 batang bibit manggis unggul pada lahan seluas 13,5 hektare, pada akhir pekan lalu. Bibit manggis tersebut merupakan bantuan Dinas Pertanian Provinsi Sumatera Barat di tahun 2018.

Menurut Sekretaris Dinas Pertanian Solok Selatan, Sapta Dewi, selain bantuan bibit kelompok tani juga dibantu sarana penunjang produksi seperti pupuk dan pendampingan serta pembinaan oleh penyuluh lapangan.

"Total bantuan bibit manggis yang telah disebarkan sebanyak 3.300 bibit kepada empat kelompok tani se-solok selatan, salah satunya di kelompok tani mutiara tani Nagari Lubuk gadang Utara di lahan seluas 13,5 Hektar ini," ungkapnya.


Sementara itu, Ketua TP-PKK Solsel, Ny Suriati Muzni yang turut hadir mengatakan banyak manfaat yang di dapat dengan menanam tanama manggis, selain harga jualnya tinggi, kulit manggis juga bisa diolah menjadi berbagai macam bahan makanan dan obat-obatan.

"Jadi banyak untungnya kalau kita tanam manggis," ungkapnya saat memberikan sambutan pada acara tanam perdana manggis tersebut.

Ia berharap, tanaman manggis dapat tumbuh dengan baik dan bermanfaat untuk kesejahteraan hidup petani di solok selatan.

"Dengan adanya bantuan tersebut, ke depan diharapkan kesejahteraan petani meningkat dan kabupaten Solok Selatan menjadi sentra manggis di Sumbar," ungkapnya optimistis menyemangati petani yang hadir.

Disisi lain, Ketua Kelompok Tani Mutiara Tani menjelaskan, saat ini lahan 13,5 Hektar tersebut sudah siap untuk ditanami manggis, ia bersama anggota kelompok lainnya telah membuat lobang dan telah mengiapkan pupuk untuk membantu suburnya tanaman manggis tersebut. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar