MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2019-06-22 15:48 WIB

Wisudawan Orang yang Terdidik dan Berpengetahuan, Nasrul Abit: Jadilah Teladan

<p>Wisudawan Orang yang Terdidik dan Berpengetahuan, Nasrul Abit: Jadilah Teladan<p>

VALORAnews - Masyarakat masih berangapan orang-orang yang terdidik dianggap memiliki perilaku yang baik sehingga dapat jadi teladan. Selain itu,...

Mahyeldi Ingin Siapkan GSB Berstandar Internasional

AI Mangindo Kayo | Minggu, 09-12-2018 | 17:42 WIB | 305 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Ingin Siapkan GSB Berstandar Internasional<p>

Wali Kota Padang, Mahyeldi memberikan sambutan pada kegiatan malewakan Gala Pandeka pada 43 orang pandeka silek di halaman Kantor KAN Kecamatan Koto Tangah, Sabtu malam (8/12/2018). (humas)

VALORAnews - Pemko Padang sedang menyiapkan Gelanggang Siliah Baganti (GSB) berstandar internasional sebagai tempat untuk menggerakkan, menumbuhkan dan membumikan silek (silat) di Kota Padang.

"GSB merupakan jawaban dari banyaknya Sasaran Silek yang mulai tumbuh kembali di Kota Padang," ujar Mahyeldi saat mengikuti acara pengangkatan (malewakan) Gala Pandeka kepada 43 orang pandeka silek di halaman Kantor KAN Kecamatan Koto Tangah, Sabtu malam (8/12/2018).

Dikesempatan itu, Mahyeldi mengatakan, dengan tumbuhnya sasaran silek yang baru atau berkembangnya sasaran silek yang telah ada, akan melahirkan pandeka-pandeka silek setiap tahunnya.


Dengan demikian, silek sebagai tradisi dan budaya Minangkabau bisa dilestarikan dan dibumikan dari tempat yang semestinya ia berasal. Apalagi, pengaruh budaya global telah mengancam keberadaan silek itu sendiri.

"Atas nama Pemko Padang, saya mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada KAN Koto Tangah, para tuo silek, dan para pendeka yang telah melestarikan silek. Sehingga tradisi dan budaya ini bisa kita wariskan kepada generasi muda. Generasi muda harus cinta budaya dan menjadikan olah raga sebagai gaya hidup. Apapun itu jenisnya," tutur Mahyeldi.

Ditambahkannya, dengan berkembangnya silek di Kota Padang, juga akan melahirkan atlet-atlet silek yang berprestasi. Disamping, silek bisa menjadi salah satu kunjungan wisata budaya.

"Pemko Padang telah berkomitmen untuk terus mendukung program dan kegiatan silek di Kota Padang," ujar Mahyeldi.

"Semangat persatuan, kekompakkan, dan kebersamaan inilah yang sebetulnya kita perlukan untuk pembangun Kota Padang yang lebih baik lagi. Sekali lagi, saya ucapkan terimakasih," tambah Mahyeldi. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar