MITRA VALORA NEWS

Senin, 2019-04-22 19:06 WIB

Pemko Padang Fasilitasi Lomba Juz Amma Antar SMP dan MTs

<p>Pemko Padang Fasilitasi Lomba Juz Amma Antar SMP dan MTs<p>

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang melalui Bagian Kesra terus memotivasi dan membumikan al Quran di kalangan generasi muda. Salah satunya kembali...

BRI Kucurkan 3 Miliar Sukseskan Mandeh Run 2019

AI Mangindo Kayo | Selasa, 05-02-2019 | 16:22 WIB | 193 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>BRI Kucurkan 3 Miliar Sukseskan Mandeh Run 2019<p>

Komut BRI, Andrinof A Chaniago memberikan keterangan pers seputar pelaksanaan BRI Mandeh Run 2019 di Padang, Selasa (5/2/2019). (mangindo kayo/valoranews)

VALORAnews - Komisaris Utama BRI, Andrinof A Chaniago mencatat, BRI Mandeh Run 2019 merupakan iven lari internasional perdana di Sumbar. Lokasi lomba lari ini, menurut dia, menawarkan pesona keindahan alam yang tak banyak ditemukan di tanah air maupun luar negeri.

"Infrastruktur menuju kawasan Mandeh baru selesai dikerjakan. Jalan berliku melewati gugusan perbukitan disertai pemandangan ke arah laut, akan jadi warna lain dalam lomba lari internasional ini," terang Andrinof saat jumpa pers di Padang, Selasa (5/2/2019).

Bersama Andrinof, juga hadir Sekda Pessel, Erizon dan Kadinas Pariwisata Pessel serta sejumlah staf lainnya. Dari BRI, hadir Wapimwil Bisnis BRI Sumbar, Mohammad Helmi Fajar, Imam Al Akbar (Race Director) serta pimpinan BRI lainnya.


Menurut Andrinof, iven ini lebih pada kategori olah raga rekreasi. Karena, memang lebih ditujukan untuk promosi wisata di Ranah Minang khususnya kawasan Mandeh yang dikenal sebagai The Hidden Paradise.

Disampaikan Andrinof, 40 pelari dari berbagai negara telah mendaftar di kelas 21 K internasional. Mereka berasal dari negara Kenya, Nigeria, Inggris, Malaysia, Singapura dan Prancis.

Iven lari yang diprakarsai Komunika Mice, Karambia Runners dan BRI Runners Padang ini, juga dapat dukungan penuh dari Kementrian Pariwasata.

"Kita ingin iven ini jadi lomba reguler setiap tahunnya. Sekarang, disponsori tunggal oleh BRI. Kalau mau BRI jadi sponsor kegiatan untuk selanjutnya, tentunya 'baik-baik' lah dengan BRI," terang Andrinof sembari menyebutkan, BRI mengucurkan Rp3 miliar untuk sukseskan iven lari ini.

Sementara, Erizon mengatakan, dulunya ke Sungai Nyalo yang jadi titik destinasi utama kawasan wisata Mandeh, harus dengan perahu.

"Saat jadi Plt bupati Pessel, dua tahun lalu, Pak Andrinof membawa Presiden RI, Joko Widodo ke Mandeh. Waktu itu di Mandeh, pak presiden berjanji akan membenahi kawasan wisata terpadu ini," ungkap Erizon.

"Sekarang, janji presiden itu telah terwujud. Janji seorang pemimpin yang ditunaikan. Ini seperti sebuah mimpi bagi kami, masyarakat Pessel," tambah Erizon yang memboyong sejumlah pejabat terkait di Setdakab Pessel menghadiri jumpa pers itu.

Siapkan Penganan Lokal

BRI Mandeh Run 2019, selain untuk semakin mempopulerkan gerakan hidup sehat, juga bertujuan untuk menampilkan keindahan alam Kawasan Wisata Mandeh.

Penyelenggara menargetkan 2.000 pelari akan ambil bagian dalam event lari yang akan diselenggarakan 3 Maret 2019 di kawasan Outdoor Amphitheatre di Kanagarian Sungai Nyalo Mudiak Aia, Kecamatan Koto XI Tarusan.

Dalam ajang lari ini, partisipan akan berkompetisi di kategori lari 5K, 10K dan 21K Nasional dan 21K Internasional. Para pelari akan memperebutkan hadiah hingga Rp 400 Juta.

Kegiatan ini akan dihadiri sejumlah Seleb Runner seperti Ibnu Jamil dan Melissa Karim. Mereka akan ikut berlari dan berkompetisi bersama peserta lari lainnya. Tidak luput dengan kehadiran Cita Citata sebagai bintang tamu yang akan semakin memeriahkan BRI Mandeh Run 2019.

"Masyarakat Pessel juga harus memanfaatkan kedatangan ribuan orang ke iven ini. Ayo sediakan penganan khas Pessel ke tamu yang hadir," harap Andrinof.

"Kalau yang instan disajikan, tentu momentum ini tak bermanfaat besar bagi pergerakan ekonomi masyarakat. Jangan takut untuk tawarkan kuliner khas Pessel ke publik. Karena, kita juga menggelar ajang promosi di pusat acara di Sungai Nyalo Mudiak Aia," tambah Andrinof. (kyo)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar