MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2019-05-19 09:02 WIB

Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih ke Relawan Mahen

<p>Mahyeldi Ucapkan Terima Kasih ke Relawan Mahen<p>

VALORAnews - Wali Kota Padang, H Mahyeldi menyampaikan terima kasih tak terhingga kepada seluruh relawan yang berperan aktif dengan ikhlas mendukung...

Warga Binaan akan Diikutkan ESQ

64 Petugas Jaga LP Muaro Jalani Tes Urine

AI Mangindo Kayo | Jumat, 08-03-2019 | 18:38 WIB | 90 klik | Provinsi Sumatera Barat
<p>64 Petugas Jaga LP Muaro Jalani Tes Urine<p>

Kepala Lapas Kelas IIB Muara Padang, Arimin didampingi Kabid Rehabilitasi BNNP Sumbar, Josra Maidi saat melakukan tes urine di ruangan kerjanya, Jumat (8/3/2019). (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews -- Sebanyak 64 orang petugas jaga Lembaga Pemasyarakatan (LP) kelas IIB Muaro Padang, jalani test urine, Jumat (8/3/2019). Test ini dikerjasamakan dengan BNNP Sumbar.

Ka LP Kelas IIB Muaro Padang, Arimin memimpin langsung tes urine tersebut. Menurutnya, untuk langkah awal, dimulai dengan petugas jaga setelah itu akan kita lanjutkan dengan semua petugas di LP.

"Ini bentuk komitmen kita dalam mendukung kegiatan Kemenkumham untuk bersih dari narkoba. Semua pegawai bersih dari pemakaian maupun peredaran gelap narkoba," papar Arimin yang juga ikut diperiksa urinenya.


"Nanti, kita akan umumkan hasilnya. Kalau terbukti ada yang positif, kita akan ambil langkah-langkah sesuai ketentuan dan aturan kepagawaian yang berlaku," tambah Arimin.

Guna menekan masuknya narkoba ke LP, terang dia, di pintu utama telah dipasang X-Ray. Setiap pengunjung diperiksa saat masuk maupun keluar. Selain itu, juga disiapkan 4 pos penjagaan yang selalu ditempati penjaga.

Terkait adanya tangkapan pengedar narkoba oleh BNNP Sumbar, yang mengatakan Narkoba merupakan pesanan dari salah seorang narapidana di LP Muaro Padang, Arimin mengatakan, belum mendapat informasi dari BNNP.

"Sampai saat ini, kita belum mendapat informasi resmi BNNP, tapi kita akan mendukung penuh upaya BNNP dalam memerangi peredaran narkoba," tambahnya.

Arimin membenarkan, kalau napi berinisial A yang disebut BNNP tersebut, memang adalah warga binaan Lapas kelas IIB Muara Padang.

Warga Binaan Ikut ESQ

Selain melakukan pembinaan kemandirian dengan memberikan pembekalan keahlian kepada Napi, Lapas Muara Padang juga memberikan pembinaan kepribadian.

Pembinaan kepribadian, salah satunya kegiatan kegiatan keagamaan dan kamar santri. Diharapkan nantinya, mereka betul-betul siap untuk kembali ke masyarakat dan tidak lagi kembali terjerat narkoba.

Selain itu, Lapas Kelas IIB Muara Padang bekerjasama dengan UPI YPTK Padang melaksanakan kegiatan pembinaan motivasi dengan menyelenggarakan training ESQ terhadap para napi.

"Kita sudah melakukan training ESQ gelombang pertama terhadap 120 orang warga binaan, selanjutnya gelombang kedua ini, kita akan melakukan training terhadap 250 orang warga binaan," pungkas Arimin. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Provinsi Sumatera Barat