MITRA VALORA NEWS

Surat Suara Rusak di Solsel Disortir Ulang

AI Mangindo Kayo | Kamis, 21-03-2019 | 19:55 WIB | 133 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Surat Suara Rusak di Solsel Disortir Ulang<p>

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita.

VALORAnews - KPU Solok Selatan lakukan penyortiran ulang terhadap surat suara Pemilu 2019 yang ditemukan rusak, saat pelipatan beberapa waktu lalu. Hal ini dilakukan guna meminimalisir jumlah kerusakan surat suara yang ada.

Setelah melakukan koordinasi sesuai petunjuk dan instruksi KPU Sumatera Barat, seluruh temuan surat suara rusak itu dilakukan penyortiran ulang.

Penyortiran ulang ini dilakukan terhadap 75.028 lembar surat suara yang dianggap rusak ditemukan saat penyortiran dan pelipatan beberapa waktu lalu. Kerusakan pada surat ini terdapat pada semua tingkatan pemilihan.


Jenis kerusakan antara lain, ditemukan bercak tinta, gambar calon yang tidak jelas, tinta mengambang, robek, gambar calon tembus ke belakang surat suara, surat suara kertas kosong bahkan ditemukan pada satu dus tersebut secara keseluruhan rusak terdapat bercak tinta pada surat suara.

Ketua KPU Solok Selatan, Nila Puspita mengatakan, dalam waktu dekat ini akan dilakukan penyortiran ulang terhadap temuan surat suara rusak. Jika sebelumnya penyortiran melibatkan banyak pihak termasuk masyarakat, kali ini akan dilakukan oleh KPU Solok Selatan sendiri beserta jajarannya.

Terhadap hasil penyortiran nantinya, KPU Solok Selatan melaporkan kepada KPU Sumatera Barat untuk ditindak lanjuti penggantian surat suara yang rusak itu.

Dari data terakhir KPU setempat saat ini, Solok Selatan memiliki 598 TPS dari tiga Dapil dengan jumlah DPT sebanyak 114.161 jiwa yang tersebar di 47 nagari dari tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan.

Terhadap surat suara hasil sortir lipat kemarin, dalam waktu dekat akan kita lakukan penyortiran ulang, jumlah surat suara rusak sebanyak 75.028 lembar. Penyortiran ini dilakukan oleh KPU beserta jajaran dan hasil finalnya nanti akan ditindaklanjuti ke KPU Sumbar. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar