MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2019-04-18 17:44 WIB

Nasril Abit Rasakan Animo Pemilih Sumbar Meningkat

<p>Nasril Abit Rasakan Animo Pemilih Sumbar Meningkat<p>

VALORAnews - Melihat animo masyarakat terutama kaum melenial, diperkirakan partisipasi pemilih Sumbar meningkat sekitar 80 persen, dibandingkan...

Implementasi IVATest PKK Nanggalo Dinilai Tim Provinsi

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 23-03-2019 | 19:55 WIB | 171 klik | Kota Padang
<p>Implementasi IVATest PKK Nanggalo Dinilai Tim Provinsi<p>

Camat Nanggalo, Teddy Antonius memberikan sambutan pada penilaian lomba Tim Penggerak PKK tingkat Provinsi Sumatera Barat, Jumat (22/3/2019). (humas)

VALORAnews - Tim Penggerak PKK Kecamatan Nanggalo, dinilai Tim Provinsi Sumatera Barat dalam Lomba Gerakan PKK 2019, Jumat (22/3/2019). Tim Penilaian yang hadir di antaranya Arnita Ali Asmar dan Rosmawati dari pengurus TP PKK Provinsi Sumatera Barat didampingi Nelda Raudi (Ketua Pokja IV TP-PKK Padang).

"Dalam penilaian gerakan PKK tahun ini, fokus pada capaian pelaksanaan pemeriksaan kanker serviks atau kanker leher rahim melalui Inspeksi Visual Asam Asetat atau yang sering disebut IVA Test. Ini merupakan implementasi dari 10 Program Pokok PKK yakni program yang ketujuh tentang kesehatan pada Pokja IV," sebut Camat Nanggalo, Teddy Antonius saat memberikan sambutan.

Kanker serviks ini, terangnya, adalah penyebab kematian nomor dua terbanyak bagi kaum perempuan setelah kanker payudara. "Untuk mengurangi angka kematian perempuan akibat penyakit ini, perlu perhatian dan dukungan kita semua bukan hanya tanggung jawab pemerintah saja tetapi menjadi tugas seluruh stakeholder dan masyarakat dalam menangganinya," terangnya.


"PKK merupakan lembaga yang strategis untuk pemberdayaaan keluarga dan masyarakat agar kaum perempuan mau melakukan pemeriksaan deteksi dini kanker serviks melalui IVA Test dan pemeriksaan ini gratis," tambahnya.

Sementara, Arnita Ali Asmar mengatakan, penilaian ini untuk melihat sejauh mana peran dan upaya PKK Kecamatan Nanggalo melalui gerakannya bersama kadernya untuk memanfaatkan dan menggali potensi yang ada sehingga kaum perempuan ini mau melakukan pemeriksaan IVA Test.

"Memang tidak mudah melakukannya, karena masih banyak ibu-ibu kita yang takut dan malu untuk melakukannya," terang dia.

Dikesempatan ini, Ketua TP-PKK Kecamatan Nanggalo, Evi Rozana Teddy memaparkan eksposenya dihadapan Tim Penilai tentang upaya-upaya yang sudah dilakukan PKK Kecamatan Nanggalo mulai dari Input, Proses, Output dan Inovasi-inovasi dalam pencapaian sasaran IVA Test berdasarkan jumlah pasangan usia subur yang ada di Kecamatan Nanggalo.

Penilaian ini diakhiri dengan wawancara dan kunjungan lapangan ke Puskesmas Nanggalo dan Kantor Lurah Kampung Lapai. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar