MITRA VALORA NEWS

Senin, 2019-07-15 19:05 WIB

Penyandang Disabilitas Padang Difasilitasi UEP

<p>Penyandang Disabilitas Padang Difasilitasi UEP<p>

VALORAnews - Pemerintah Kota Padang terus meningkatkan kemandirian dan produktivitas ekonomi para penyandang disabilitas. Melalui Dinas Sosial, para...

Banyak TPS di Padang masih Lakukan Penghitungan Hingga Pagi, Ini Sebabnya

AI Mangindo Kayo | Kamis, 18-04-2019 | 17:30 WIB | 161 klik | Kota Padang
<p>Banyak TPS di Padang masih Lakukan Penghitungan Hingga Pagi, Ini Sebabnya<p>

Para saksi tampak masih melakukan pencocokan data di TPS 01 Ranah Parak Rumbio, Padang, Kamis (18/4/2019) pagi. (veby rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Sejumlah TPS di Kota Padang, hingga Kamis pagi (18/4/2019) tampak masih sibuk melakukan aktifitas menyalin hasil penghitungan suara dari Form C1 plano ke form C-1 kuarto bersama saksi.

Hal tersebut disebabkan terjadi salah dalam penghitungan di awal. Seperti yang terpantau di TPS 01 kelurahan Ranah Parak Rumbio, Padang Selatan.

"Kemungkinan, petugas lupa mencontreng ketika dibacakan hasil pencoblosan. Sehingga, kita harus kembali memeriksa satu per satu surat suara tersebut," terang ketua KPPS 01 Ranah Parak Rumbio, Bursman.


Bursman menambahkan, pada pemilu kali ini ukuran kertas suara yang besar menjadi kendala tersendiri. Selain memakan waktu dalam proses membuka dan melipat kembali, ditambah bilik suara yang kecil, menyebabkan seringnya terjadi kesalahan yang menyebabkan surat suara tidak sah.

"Di TPS kami, ada hampir 20 suara tidak sah yang rata-rata disebabkan surat suara di coblos lebih dari sekali. Kami menduga pemilih tidak sempurna dalam membuka kertas surat suara, sehingga ketika mereka mencoblos tembus hingga mencoblos partai/caleg lain," tambahnya.

Keterlambatan juga terjadi di TPS 05 Kelurahan Bukit Gado-Gado Padang Selatan. Petugas TPS di situ mengaku, masih belum tidur hingga pukul 08.00 pagi ini, disebabkan oleh terjadinya perbedaan hasil penghitungan suara.

"Kami harus membuka satu per satu surat suara tersebut, untuk mencocokan kembali hasilnya. Setelah itu kami harus melipat kembali yang tentunya memakan waktu," ujar Dewi salah seorang petugas TPS.

Pantauan di lapangan, hingga pukul 10.00 WIB masih terlihat aktifitas pengiriman kotak surat suara dari TPS-TPS ke kantor kelurahan. (vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Metro

Berita Kota Padang

Berita Terbaru

Berita Terpopuler