MITRA VALORA NEWS

Sabtu, 2019-12-07 17:58 WIB

20 Peserta Ikuti PPPA Angkatan III APSI Sumbar

<p>20 Peserta Ikuti PPPA Angkatan III APSI Sumbar<p>

VALORAnews - Sebanyak 20 orang Sarjana Hukum dan Sarjana Agama Syariah, mengikuti Pendidikan dan Pelatihan Profesi Advokat (PPPA) yang digelar...

23 Calon Santri Mendaftar ke Pesantren Al Hidayah Sungai Sarik

AI Mangindo Kayo | Selasa, 18-06-2019 | 09:47 WIB | 166 klik | Kab. Padang Pariaman
<p>23 Calon Santri Mendaftar ke Pesantren Al Hidayah Sungai Sarik<p>

Pimpinan Pesantren Al Hidayah, Nurdin Tuanku Sultan. (istimewa)

VALORAnews - Meski baru dibuka tahun ini, sebanyak 23 orang santri baru sudah mendaftarkan diri mengikuti pendidikan di Pondok Pesantren Al Hidayah, di Jl Sicincin-Pariaman, Kampung Bendang Sungai Sarik, Kecamatan VII Koto, Kabupaten Padangpariaman. Peresmian pesantren Al Hidayah akan dilakukan 27 Juni 2019 mendatang.

Demikian diungkapkan Pimpinan Pesantren Al Hidayah, Nurdin Tuanku Sultan, Selasa (18/6/2019) di kantornya. Menurut Nurdin, menjelang peresmian, pendaftaran santri akan terus berlangsung.

"Masyarakat yang ingin memasukkan anaknya ke pesantren, pengasuh pesantren Al Hidayah mengimbau untuk mendaftar lebih awal. Jangan di akhir pendaftaran, buru-buru mendaftar," kata Nurdin.


Menurut Nurdin, visi pesantren Al Hidayah adalah menjadikan pesantren Al Hidayah sebagai tempat ibadah sekaligus pusat pusat pendidikan Islam panutan yang dapat melahirkan generasi rabbani sebagai khalifah fil ard.

Sedangkan misinya adalah menjadikan pesantren Al Hidayah sebagai tempat ibadah bagi setiap muslim, menjadikan pesantren Al Hidayah pusat pendidikan Islam panutan, melahirkan generasi rabbani yang berakhlaqul karimah sesuai tuntunan Islam dan mendidik calon-calon pemimpin sebagai khalifah fil ard.

Islam adalah agama yang komprehensif, tidak membedakan ilmu pengetahuan umum dengan agama. Menuntut ilmu pengetahuan umum sama wajibnya dengan menuntut ilmu agama. Sementara, realitas pendidikan yang ada, cenderung memisahkan sains dengan agama.

Sehingga, ada yang membuat komitmen keislaman yang kuat, tapi tidak mengerti dengan sains sehingga kurang bisa mengikuti tuntunan zaman. Di sisi lain, ada pula yang sangat menguasai sains, tapi kurang pemahaman agamanya sehingga cenderung merusak.

"Pesantren Al Hidayah, berupaya mengkolaborasikan keduanya sehingga diharapkan dapat melahirkan generasi yang agamais," terangnya.

Tujuan pesantren Al Hidayah, terangnya, untuk mengembangkan kreatifitas anak dalam pendidikan agama Islam agar tumbuh berkembang menjadi nilai spiritual yang handal di sekitarnya. Kemudian, menyebarluaskan ajaran agama Islam.

Juga sebagai tempat belajar santri pondok pesantren Al Hidayah khususnya dan masyarakat sekitar pada umumnya. Lalu, tempat membina generasi bangsa terutama dalam memperoleh pengetahuan ilmu agama Islam sebagai modal hidupnya di masa mendatang.

"Pendaftaran ulang hingga 30 Juni 2019 dan mulai belajar 2 Juli 2019. Fasilitas pensantren antara lain ruang belajar, pustaka, dapur umum, lapangan olahraga, asrama dan mushalla," ungkap dia.

Bagi yang ingin informasi lebih lanjut, bisa menghubungi Nurdin Tuanku Sultan (085356060774) dan Ustazah Musiratul Ilmu (082288485932). Pesantren beralamat di jalan Sicincin-Pariaman, Kampung Bendang Sungai Sarik, Kecamatan VII Koto. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar