MITRA VALORA NEWS

Selasa, 2019-07-23 16:20 WIB

Peta Proses Bisnis Disosialisasikan, Hendri Septa: Masih Banyak SOP Belum Terintegrasi

<p>Peta Proses Bisnis Disosialisasikan, Hendri Septa: Masih Banyak SOP Belum Terintegrasi<p>

VALORAnews - Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa membuka Sosialisasi dan Coaching Clinic Penyusunan Peta Proses Bisnis di lingkungan Pemerintah Kota...

Pemko Padang Matangkan Kesiapan Hadapi Penilaian IVA Test Nasional 2019

AI Mangindo Kayo | Jumat, 21-06-2019 | 14:11 WIB | 157 klik | Kota Padang
<p>Pemko Padang Matangkan Kesiapan Hadapi Penilaian IVA Test Nasional 2019<p>

Kabag Humas Setdako Padang, Imral Fauzi ikut hadiri rapat koordinasi jelang penilaian IVA Test tingkat nasional 2019 di di ruang kerja Asisten Pemerintahan Setda Kota Padang, Kamis (20/6/2019). (humas)

VALORAnews - Kota Padang bersiap menghadapi ajang penilaian Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) Test tingkat nasional di 2019. Hal itu berdasarkan keluarnya kota ini sebagai yang terbaik di tingkat kabupaten/kota se-Sumbar dalam capaian pemeriksaan IVA pada kaum ibu dan pasangan usia subur.

Menyikapi itu, Kamis (20/6/2019) sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait di lingkup Pemko Padang menggelar rapat koordinasi di ruang kerja Asisten Pemerintahan Setda Kota Padang.

Rapat yang dipimpin Sekda Amasrul itu diikuti di antaranya Kepala DP3AP2KB Heryanto Rustam, Plt Kabag Pemerintahan Rachmadeny, Camat Padang Barat Eri Sendjaya, Kabag Humas Imral Fauzi serta unsur Dinas Kesehatan Kota (DKK), Dinas Perhubungan, Dinas Lingkungan Hidup, Bagian Umum serta pihak terkait lainnya.


Amasrul dalam arahannya mengingatkan semua pihak terkait, melakukan beberapa hal yang mesti disiapkan. Di antaranya berkaitan persiapan penyelenggaraan penilaian, hingga penyediaan sarana-prasarana dan hal teknis pendukung lainnya.

"Lebih utama lagi koordinasi satu sama lainnya harus berjalan efektif. Karena ini memang adalah tugas kita bersama untuk dapat menyukseskan dan menjadikan Kota Padang meraih yang terbaik dalam penilaian IVA Test tingkat nasional tahun ini," imbuhnya.

Amasrul melanjutkan, meski masih menyisakan beberapa hari lagi menjelang waktu penilaian semuanya harus betul-betul fix sesegera mungkin. Seperti sarana-prasarana yang mendukung penilaian berupa lokasi dan bahan presentasi, baliho serta berbagai hal yang menjadi indikator penilaian.

"Untuk itu, segerakanlah apa yang harus kita laksanakan bagi masing-masing kita. Kita tentu berharap, penilaian IVA Test tingkat nasional yang perdana kita lakukan berjalan dengan baik dan sukses nantinya. Seperti diketahui, penilaian akan dilakukan antara tanggal 30 Juni sampai 2 Juli 2019 mendatang," cetusnya.

Sementara itu, Camat Padang Barat, Eri Sendjaya mengatakan, pihaknya optimistis menyambut penilaian tersebut. Sebagaimana diketahui, lomba IVA Test tersebut bertujuan dalam rangka memberikan semangat serta motivasi bagi masyarakat khususnya kaum perempuan berusia 30-50 tahun untuk terus menjaga perilaku hidup sehat. Khususnya peduli terhadap kesehatan mulut rahim yang dimulai dari tingkat kelurahan, kecamatan, kota, provinsi sampai nasional.

"Lomba IVA Test ini bukan semata untuk ajang mencari yang terbaik, namun lebih dari itu bagaimana semua masyarakat dapat melaksanakan IVA Test secara berkesinambungan. Sehingga, masyarakat khususnya kaum wanita dapat memahami pentingnya pemeriksaan IVA Test sebagai deteksi dini pencegahan kanker leher rahim itu," jelasnya.

Ia menginformasikan, faktor-faktor penyebab utama kanker serviks dikarenakan pola hidup yang salah. Antara lain seperti aktivitas seksual sebelum usia 20 tahun, berganti-ganti pasangan seksual, terpapar infeksi yang ditularkan secara seksual atau ibu atau kakak yang menderita kanker leher rahim serta merokok.

Maka itu selama ini dan ke depan IVA Test akan terus dilakukan secara intens dengan berjenjang dan berkesinambungan di seluruh kelurahan se-Kecamatan Padang Barat.

"Kami akan terus berupaya melakukan penyuluhan, sosialisasi dan menggerakan masyarakat untuk IVA Test ini. Sebagaimana Kader IVA Test se-Kecamatan Padang Barat ada 81 orang dengan 11 orang terdapat di Kelurahan Purus."

"Kita juga bersyukur, antusias semua pihak cukup tinggi mendukung Kelurahan Purus, Kecamatan Padang Barat untuk menjadi yang terbaik dalam lomba ini. Alhamdulillah kita terpilih mewakili Sumbar dalam penilaian tingkat nasional, semoga kita juga sukses dalam penilaian tingkat nasional nantinya," harap Eri. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar