MITRA VALORA NEWS

Selasa, 2019-07-23 16:20 WIB

Peta Proses Bisnis Disosialisasikan, Hendri Septa: Masih Banyak SOP Belum Terintegrasi

<p>Peta Proses Bisnis Disosialisasikan, Hendri Septa: Masih Banyak SOP Belum Terintegrasi<p>

VALORAnews - Wakil Wali Kota Padang, Hendri Septa membuka Sosialisasi dan Coaching Clinic Penyusunan Peta Proses Bisnis di lingkungan Pemerintah Kota...

Mahyeldi Dinobatkan jadi Tokoh Peduli Lansia

AI Mangindo Kayo | Rabu, 10-07-2019 | 18:29 WIB | 328 klik | Kota Padang
<p>Mahyeldi Dinobatkan jadi Tokoh Peduli Lansia<p>

Menteri Sosial RI Agus Gumiwang Kartasasmita menyerahkan piagam penghargaan "Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia" kepada Wali Kota Padang Mahyeldi pada puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tahun 2019 di Monumen Perjuang Rakyat Jawa Barat, Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019). (humas)

VALORAnews - Menteri Sosial RI, Agus Gumiwang Kartasasmita menobatkan Wali Kota Padang Mahyeldi sebagai Tokoh Nasional Peduli Lanjut Usia (Lansia) pada puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-23 tahun 2019 di Monumen Perjuang Rakyat Jawa Barat di Jalan Dipati Ukur, Kota Bandung, Rabu (10/7/2019).

Piagam Penghargaan Tokoh Nasional Peduli Lansia juga diterima Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, Oded Muhammad Danial, Wali Kota Jambi, Syarif Fasha, Bupati Hulu Sungai Selatan, Achmad Fikry, Bupati Bandung, Dadang M Naser.

Agus juga memberikan piagam penghargaan bagi Lanjut Usia Teladan bidang Lingkungan Hidup yang diterima Prof Emil Salim, bidang Kependudukan diterima Prof Haryono Suyono dan bidang Seni Budaya yang diterima, Bimbo.


Di kesempatan itu, Agus mengatakan, HLUN 2019 merupakan momentum mewujudkan lansia yang mandiri, tidak bergantung kepada orang lain dan dapat menjadi teladan. "Kita harus memotivasi individu, keluarga, masyarakat dan dunia usaha untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia, dan memperkuat kerjasama lintas sektor dari pusat hingga daerah," terang Agus dalam acara bertemakan 'Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera dan Bermartabat.'

Ia mengatakan, penting untuk disadari bahwa setiap orang pasti tua, sehingga perlu upaya menghadirkan dunia yang layak bagi semua lansia. Tentunya, dengan kematangan pola hidup dan pikiran, sehingga para lansia tetap menjadi penjaga nilai yang menjadi tuntunan hidup generasi selanjutnya.

Sementara itu, Mahyeldi usai dinobatkan sebagai Tokoh Nasional Peduli Lansia bersama lima kepala daerah lainnya, mengatakan, program peduli lansia di Kota Padang cukup beragam dan berlangsung sudah lama. Yang menjadi perhatian Kementerian Sosial RI dalah program Singgasana (Singgah Sahur Sederhana). Singgasana adalah sahur bersama di rumah tangga miskin atau lanjut usia miskin untuk mendapatkan langsung solusi dari persoalan yang dihadapi lansia.

"Setelah Singgah Sahur, rumah tersebut kita bangun kembali hingga menjadi layak huni. Kita mencanangkan pembangunan 1.000 rumah miskin lansia setiap tahunnya. Program kepedulian terhadap lansia lainnya, seperti bantuan alat kesehatan bagi legium veteran, bantuan kesehatan dan bantuan lainnya," ujar Mahyeldi yang didampingi Kepala Dinas Sosial Kota Padang Afriadi, Kasat Pol PP Al Amin, Kabag Humas Imral Fauzi dan ASN Dinas Sosial Lainnya.

Kementerian Sosial juga memberikan penghargaan dengan katagori lembaga kesejahteraan sosial, kelompok, dan keluarga. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar