MITRA VALORA NEWS

Selasa, 2019-01-15 23:54 WIB

SMPN 4 Solsel Miliki Ruang Kelas Baru

<p>SMPN 4 Solsel Miliki Ruang Kelas Baru<p>

VALORAnews - Sekretaris Daerah Kabupaten Solok Selatan, H Yulian Efi meresmikan ruang kelas baru dan Ulang Tahun ke-40 SMPN 4 Solok Selatan, Selasa...

Jalan Padat Karya Tampat Durian Bisa Dilalui, Amasrul: Jangan Dipungli Jika Ada Pengaspalan

AI Mangindo Kayo | Rabu, 04-09-2019 | 08:34 WIB | 209 klik | Kota Padang
<p>Jalan Padat Karya Tampat Durian Bisa Dilalui, Amasrul: Jangan Dipungli Jika Ada Pengaspalan<p>

Sekda Padang, Amasrul didampingi Yunisman (Kadisnakerin) meresmikan penggunaan Jalan Parak Jariang Tampat Durian di Kelurahan Koronggadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Rabu (4/9/2019). (humas)

VALORAnews - Sekdako Padang, Amasrul, resmikan pengoperasikan Jalan Parak Jariang Tampat Durian di Kelurahan Koronggadang, Kecamatan Kuranji, Kota Padang, Rabu (4/9/2019).

Jalan sepanjang sekitar lebih kurang 1 kilometer ini dikerjakan dengan padat karya akhir Agustus 2019. Peresmian jalan ini dihadiri Kadisnakerin Padang, Yunisman dan Camat Kuranji, Dewi Rachmadeni Putri dan Kasubag Publikasi Humas Setdako Padang, Tafrizal.

"Pengerjaan ruas jalan dengan padat karya ini sepanjang lebih kurang 500 meter," ujar Ketua RW 03 Kelurahan Koronggadang, Alizar.


Dikatakan Alizar, jalan ini lebih kurang sepanjang satu kilometer, yang merupakan akses jalan dari SMPN 28 Padang ke Perumahan Anai sebelum Makam Pahlawan Kuranji.

Sebelumnya, dikerjakan dengan program manunggal kelurahan. Jalan ini dibuka sejak 2007 silam, namun tidak seluruhnya bisa ditempuh dengan kendaraan roda dua atau empat, karena belum dilakukan pengerasan.

Kemudian, dilanjutkan dengan pengerjaan dengan padat karya selama 8 hari kerja. Delapan hari kerja itu mengerjakan pembersihan badan jalan, drainase dan penimbunan badan jalan. Penimbunan badan jalan ini menggunakan material sirtukil sebanyak 104 truk.

Sebelumnya, jalan ini belum dilakukan penimbunan atau pengerasan, sehingga sulit ditembus dengan kendaraan baik roda dua maupun roda empat.

"Mudah-mudahan jalan bisa menjadi solusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat, karena jalan urat nadi perekonomian," ungkap Alizar.

Kadisnakerin Padang, Yunisman mengatakan, untuk pengerjaan pengerasan jalan ini dananya langsung dari Kemenaker melalui Disnakerin Padang dengan nilai proyek senilai Rp45 juta.

"Jumlah padat kerja sebanyak 88 orang, upahnya pekerja Rp60 ribu per orang dan tukang Rp75 ribu per orang," ujar Yunisman.

Sedangkan Amasrul mengatakan, jalan ini dibuka bersamaan dengan program manunggal jalan Batipuh Panjang di Koto Tangah. Namun, jalan Anak Aie ke Sabihisma itu, kini sudah diaspal. "Sayang jalan Parak Jariang Tampat Durian Koronggadang ini belum diaspal," ujar Amasrul.

Dikatakan Amasrul, hendaknya jalan ini ditingkatkan dengan pengaspalan. Mudah-mudahan tahun ini jalan ini segera diaspal.

"Diharapkan, jalan ini ketika dikerjakan pengaspalan jangan ada uang asam, uang pemuda dan uang lain-lainnya. Karena jalan ini sangat penting untuk peningkatan ekonomi warga, untuk memasarkan hasil pertanian warga," ujar Amasrul. (rls/vry)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar