MITRA VALORA NEWS

Senin, 2019-10-21 19:14 WIB

Pimpinan DPRD Tanahdatar 2019-2014 dan Saidani Dilantik

<p>Pimpinan DPRD Tanahdatar 2019-2014 dan Saidani Dilantik<p>

VALORAnews - Ketua DPRD Tanahdatar, Roni Mulyadi Dt Bungsu dan Wakil Ketua Anton Yondra serta Anggota DPRD Saidani berikrar di hadapan tamu undangan....

Fasilitas Pendukung Goa Batu Kapal Dibangun Senilai 2 Miliar

AI Mangindo Kayo | Kamis, 03-10-2019 | 19:08 WIB | 505 klik | Kab. Solok Selatan
<p>Fasilitas Pendukung Goa Batu Kapal Dibangun Senilai 2 Miliar<p>

Fasilitas pendukung yang telah tuntas dikerjakan di objek wisaata Goa Batu Kapal (GBK) di Kecamatan Sangir Balai Janggo, Solsel. (humas)

VALORAnews -- Objek wisata Goa Batu Kapal (GBK) di Kecamatan Sangir Balai Janggo akan dilengkapi panggung kesenian, areal parkir, jembatan bridge work, mushala, toilet, kios oleh-oleh dan shelter atau lapak-lapak modern untuk puluhan pedagang kaki lima (PKL).

"Apa yang kami harapkan selama ini sudah terwujud. Semua ini dibangun Pemkab Solsel untuk memenuhi kebutuhan pengunjung," kata Camat Sangir Balai Janggo, Muslim, Selasa (1/10/2019).

Pembangunan sarana pendukung ini, dibayai melalui dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp2 miliar. Sarana penunjang ini, GBK segera jadi destinasi wisata pilihan wisatawan. Pada 2017 dan 2018, jumlah kunjungan wisatawan di objek wisata tersebut mencapai angka 28 ribu jiwa dan meningkat di 2019 hingga 35 ribu jiwa.


"Dibangunnya fasilitas penunjang ini, semoga peminat wisata ke lokasi ini terus bertambah setiap tahunnya," harap dia.

Terpisah, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Solok Selatan, Hari Trisna membenarkan kucuran anggaran DAK untuk pengembangan destinasi wisata Goa Batu Kapal sebesar R 1,5 miliar pada 2019 ini.

"Kegiatan paket penunjang wisata alam itu sedang dalam pengerjaan, seperti pembangunan panggung kesenian. Di panggung ini nantinya, kesenian daerah dapat ditampilkan terutama di setiap momen liburan sekolah dan lebaran," ungkapnya.

Kemudian, pembangunan mushala dianggap penting. Ketika masuk waktu shalat, pengunjung bisa memanfaatkan fasilitas tersebut. "Di samping itu, kita juga sedang membangun lokasi parkir, toilet dan jembatan bridge work penghubung gua satu dengan yang lainnya," tandasnya.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi dan UKM Solok Selatan, Budiman menjelaskan, tahun ini melalui DAK sekitar Rp470 juta, juga dikuncurkan untuk pembangunan kios oleh-oleh, serta 50 unit shelter atau lapak-lapak bagi PKL.

"Jika dibangun kios oleh-oleh dan tempat berdagang harian PKL, maka ketersediaan buah tangan bagi pengunjung saat berwisata ke GBK bisa terpenuhi," katanya.

Sebab, oleh-oleh merupakan cenderamata bagi pengunjung setelah mengunjungi Solsel. Sebelumnya banyak pengunjung yang mengeluhkan tidak adanya pedagang yang membeli oleh-oleh di lokasi wisata tersebut. (rls)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar