MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2020-02-20 20:49 WIB

Dasawisma Latulip Nagari Saruaso Dinilai Tim Provinsi

<p>Dasawisma Latulip Nagari Saruaso Dinilai Tim Provinsi<p>

VALORAnews - Dasawisma merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam melaksanakan 10 program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berupa...

Usulan Kegiatan Musrenbang Mesti Merujuk Kebutuhan

AI Mangindo Kayo | Kamis, 13-02-2020 | 10:28 WIB | 211 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Usulan Kegiatan Musrenbang Mesti Merujuk Kebutuhan<p>

Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma memberikan arahan saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang Nagari Parambahan, kecamatan Lima Kaum, Kamis (13/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan (Musrenbang) nagari, merupakan titik awal untuk mengetahui kebutuhan masyarakat yang dilaksanakan oleh nagari melalui forum tahunan dalam menentukan arah kebijakan pembangunan yang akan dilaksanakan tahun depan.

"Dalam pelaksanaannya, tentu harus melibatkan seluruh elemen nagari, kecamatan sampai ke tingkat kabupaten, sehingga segala ide, masukan ataupun saran bisa dihimpun untuk perencanaan yang lebih baik," ungkap Wakil Bupati Tanahdatar, Zuldafri Darma saat menghadiri pelaksanaan Musrenbang Nagari Parambahan, kecamatan Lima Kaum, Kamis (13/2/2020).

Musrenbang ini juga dihadiri Wakil Ketua DPRD Tanahdatar, Anton Yondra bersama anggota DPRD Kamrita, Ketua Tim V Pembina Musrenbang, Nofenril beserta rombongan, Camat Lima Kaum, Hendra Setyawan, Forkompimca Lima Kaum, Wali Nagari Parambahan, Robi Yasdi bersama perangkatnya dan ratusan masyarakat setempat. Kegiatan ini digelar di aula kantor wali Nagari Parambahan.


Ditambahkan Zuldafri, Nagari Parambahan mempunyai potensi untuk menjadi nagari yang maju dan sejahtera, anak nagari banyak berkiprah di pemerintahan termasuk Wabup dan wakil ketua DPRD, merupakan putra nagari Parambahan.

"SDM dan SDA kita punya, sekarang tergantung kemauan dan sinergi masyarakat, aparatur nagari dan pihak terkait lainnya, untuk merangkul dan memanfaatkan semua potensi itu menjadi sebuah kekuatan yang mendukung peningkatan kesejahteraan nagari," ujarnya.

Di samping itu, dalam melaksanakan Musrenbang, dia tanggapi paparan prioritas dari walinagari pada bidang ekonomi yaitu pembanguan wahana airTabek Laweh."Pembangunan wahana wisata air itu sejalan dengan visi-misi pemerintah kabupaten dalam peningkatan perekonomian masyarakat melalui pembangunan pariwisata, peningkatan daya saing dan pertanian berdasarkan Adat Basandi Sarak-Sarak Basandi Kitabullah (ABS-SBK) danupaya tersebut dapat meningkatkan pendapatan untuk nagari serta untuk Pemkab," kata dia.

Di akhir sambutannya, Zuldafri berpesan, masyarakat turut menyukseskan pesta demokrasi yang akan berlangsung. "Tahun 2020 merupakan tahun politik, kita masyarakat harus pintar dan jeli menyiasati dan menyukseskan pesta demokrasi ini," pungkas dia.

Sebelumnya, Robi Yasdi menyampaikan, paparan program prioritas 2021 dalam tiga bidang yakni pada bidang fisik sarana dan prasana yaitu pembanguan jembatan Cengkong dan rehab irigasi Kapalo Banda Koto.

Bidang ekonomi, prioritaskan lanjutan pembangunan wahana airTabek Laweh, pengecoran jalan usaha tani Sawah Baru ke Sawah Topi serta bidang pemerintahan sosial budaya dengan prioritas pertama pembangunan kantin dan WC SDN 12 Parambahan dan musholla di SDN 19 Parambahan.

Sementara itu, Anton Yondra dalam sambutannya berharap, seluruh elemen di nagari menyusun rencana pembangunan sesuai dengan kebutuhan dan skala prioritas di nagari. "Laksanakan Musrenbang sebaik-baiknya, dan hasilkan program kegiatan sesuai kebutuhan masyarakat di nagari untuk lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat," kata Anton.

Anggota DPRD, Kamrita juga harapkan, untuk kesejahteraan wanita juga ditambahkan dengan membentuk kelompok wanita tani dan anggaran Posyandu ditingkatkan dengan tujuan peningkatan SDM anak usia emas.

Pada kesempatan tersebut, juga dilaksanakan sesi tanya jawab tentang permasahan yang ada di nagari Parambahan di antaranya yang disampaikan masyarakat yaitu niniak mamak di nagari tersebut butuh kantor KAN yang representaif, kekurangan tenaga pendidik khususnya PNS di SDN 19 Parambahan.(jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar

Berita Kab. Tanah Datar