MITRA VALORA NEWS

Ini Agenda Kedewanan DPRD Bukittinggi 2020

AI Mangindo Kayo | Senin, 17-02-2020 | 16:36 WIB | 169 klik | Kota Bukittinggi

VALORAnews - DPRD Bukittinggi mengagendakan reses ke daerah pemilihan tiga kali dalam setahun, guna menampung aspirasi masyarakat secara langsung.

"Pelaksanaan reses satu kali per masa sidang tersebut, teknis pelaksanaan berdasarkan rapat dewan yang dilaksanakan sebelum reses digelar," kata Sekretaris DPRD Kota Bukittinggi Noverdi di Bukittinggi, Senin (17/2/2020).

Ia menyebutkan, sama dengan reses, kunjungan kerja komisi juga dilaksanakan tiga kali dalam setahun, yang pelaksanaannya satu kali per masa sidang.


"Kunjungan kerja alat kelengkapan DPRD dan kunjungan kerja dalam rangka koordinasi atau konsultasi juga pelaksanannya satu kali per masa sidang," ucapnya.

Dia menyampaikan, khusus bimbingan teknis (Bimtek) dilakukan enam kali dalam setahun, yang pelaksanaannya tergantung jadwal yang telah ditetapkan Badan Musyawarah (Bamus).

Agenda reses ini dilaksanakan tiga kali dalam setahun dengan siklus empat bulanan itu, bagi anggota dewan reses adalah momen yang berharga untuk bertemu konstituen, sebuah waktu khusus untuk memberikan perhatian dan kepedulian secara langsung kepada konstituen.

Reses adalah sebuah fasilitas resmi dari DPRD, moment penting dan strategis bagi rakyat untuk menyampaikan aspirasi dan solusi perbaikan hak hidup masyarakat.

"Dalam reses segala sesuatunya disediakan mulai dari tempat acara, tenda, nasi dan penganan kecil telah disediakan karena, lembaga legislatif sebagai lembaga politik formal dalam suprastruktur politik memiliki fungsi komunikasi politik," tuturnya. (ham)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar