MITRA VALORA NEWS

Dasawisma Latulip Nagari Saruaso Dinilai Tim Provinsi

AI Mangindo Kayo | Kamis, 20-02-2020 | 20:49 WIB | 336 klik | Kab. Tanah Datar
<p>Dasawisma Latulip Nagari Saruaso Dinilai Tim Provinsi<p>

Sekda Tanahdatar, Irwandi bersama Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Wartawati, Nasrul Abit, Ketua TP PKK Tanah Datar, Emi Irdinansyah dan lainnya, disambut pengurus Dasawisma Latulip di Jorong Sungai Emas, Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kamis (20/2/2020). (jheni rahmad/valoranews)

VALORAnews - Dasawisma merupakan ujung tombak dan garda terdepan dalam melaksanakan 10 program Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) berupa penyuluhan, menggerakkan dan mencerahkan kondisi keluarga.

"Pemerintah daerah mendukung dan menyambut baik kegiatan penilaian seperti hari ini, karena bisa menjadi alat ukur keberhasilan dasawisma melaksanakan program dan kegiatan menunjang pencapaian 10 program pokok PKK," kata Sekda Tanahdatar, Irwandi di hadapan tim penilai dasawisma berprestasi tingkat Sumatera Barat, di Dasawisma Latulip, Jorong Sungai Emas, Nagari Saruaso, Kecamatan Tanjung Emas, Kamis (20/2/2020).

Irwandi menambahkan, keluarga sebagai pondasi bangsa diharapkan bisa sehat, sejahtera dan tangguh, sehingga tercipta bangsa yang kuat. "Dasawisma mempunyai peranan penting untuk menciptakan keluarga yang sehat melalui berbagai kegiatan dan program baik melalui program keagamaan maupun kegiatan pelatihan keterampilan masyarakat," ujarnya.


Di kesempatan itu, Irwandi juga menyampaikan ucapan selamat kepada Dasawisma Latulip Jorong Sungai Emas, Nagari Saruaso, yang telah mewakili Tanahdatar ke tingkat provinsi.

"Selamat kepada Dasawisma Latulip yang telah mampu memperoleh peringkat 6 besar yang hari ini dinilai lagi untuk perebutan pemuncaknya. Ini semua tentu tidak terlepas kerja keras semua pihak, mulai dari pengurus dasawisma sampai bimbingan TP PKK," ungkap Irwandi.

Sementara itu, Wakil Ketua TP PKK Provinsi Sumatera Barat, Wartawati Nasrul Abit yang juga menjabat ketua tim penilai Dasawisma berprestasi tingkat Sumbar 2020 mengungkapkan, penilaian lapangan yang dilaksanakan setelah beberapa waktu lalu dilakukan penilaian melalui temu dasawisma di kantor PKK Sumbar.

"Pada 3 Februari 2020 lalu selepas temu dasawisma diperoleh 11 kelompok terbaik di mana kategori kabupaten ada 6 kelompok dan selebihnya di kategori kota untuk perebutkan menjadi terbaik. Dan hari ini kami berkunjung lapangan untuk melihat langsung kondisi dasawisma yang dinilai," ujarnya.

Wartawati menambahkan, kegiatan penilaian ini juga sebagai bentuk motivasi terhadap keberadaan dasawisma. "Keberhasilan PKK berkaitan erat dengan keberhasilan dasawisma, karena memang kelompok ini menjadi ujung tombak pelaksanaan kegiatan PKK, terlebih dalam mendukung pelaksanaan program pemerintah daerah, seperti pendataan rumah tak layak huni, jumlah ibu hamil, jumlah bayi dan lainnya," tukasnya.

Selepas itu, Ketua TP PKK Tanah Datar, Emi Irdinansyah menyampaikan, keberhasilan kelompok dasawisma Latulip merupakan prestasi Kabupaten Tanah Datar. "Keberhasilan ini berkat kerja keras dan kerja sama kita semua, terutama para kader yang telah bekerja mendukung melaksanakan 10 program PKK dalam kelompok dasawisma Latulip ini, semoga kita mampu menjadi yang terbaik di tingkat Provinsi tahun 2020 ini," ujarnya.

Namun, tambah Emi, sejatinya TP PKK melalui 10 Programnya akan selalu menjadi mitra pemerintah daerah dalam turut membangun dan menciptakan masyarakat yang sejahtera, mandiri dan bertaqwa kepada tuhan YME.

"Semoga apa yang telah kami lakukan, bisa berdaya dan berhasil guna serta lahirkan prestasi bagi Kabupaten Tanah Datar yang kita cintai ini," ungkapnya. (jen)

Install aplikasi Valora News app di Google Play

Komentar