MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-08-23 21:16 WIB

Muzni Zakaria Ajak Penggiat Wisata Promosikan Daerah di Media Sosial

<p>Muzni Zakaria Ajak Penggiat Wisata Promosikan Daerah di Media Sosial<p>

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, Sumatera Barat mengajak duta wisata Uda dan Uni setempat bersama penggiat wisata dan awak media...

Bupati Solok Harus Segera Terbitkan Surat Penghentian Proyek Penimbunan Singkarak

AI Mangindo Kayo | Rabu, 21-09-2016 | 21:18 WIB | 332 klik | Kab. Solok
<p>Bupati Solok Harus Segera Terbitkan Surat Penghentian Proyek Penimbunan Singkarak<p>

Penimbunan Danau Singkarak. (vebi rikiyanto/valoranews)

VALORAnews - Bupati Solok, Gusmal diminta untuk menerbitkan surat khusus, untuk penghentian pembangunan hotel di sepadan Danau Singkarak, yang dilakukan politikus Epyardi Asda.

Kabid Penataan Ruang Dinas Prasjaltarkim Sumbar, Chandra Mustika mengatakan, surat khusus pemberhentian pengerjaan pembangunan hotel yang diterbitkan bupati, juga harus disampaikan kepada pihak investor yakni Epyardi Asda.

Ia mengatakan, dari sisi tata ruang, pengerjaan tersebut sangat menyalahi aturan. Seharusnya kawasan itu diperuntukkan pengembangan pariwisata bukan pembangunan gedung.


"Karena sudah melanggar tata ruang, sanksinya sudah ada di undang-undang dan juga sudah dijabarkan dalam rencana wilayah tata ruang Kabupaten Solok," ujarnya.

Sementara, Kepala Bapedalda Sumbar, Asrizal Asnan mengatakan, dalam pengerjaan proyek tersebut ada indikasi pelanggaran. Ia menambahkan kalau polemik proyek yang dinilai sudah merusak Danau Singkarak. Informasi ini juga sudah sampai ke pusat dan menjadi perbincangan.

Untuk itu, dalam rapat yang dilakukan diputuskan agar pengerjaan segera dihentikan dan dilakukan pemasangan plang pemberhentian proyek.

Terkait sejauh mana dampak lingkungan yang sudah ditimbulkan dalam pengerjaan proyek tersebut, Asrizal bakal melakukan pengkajian terlebih dulu.

Seperti dari mana sumber material didatangkan, apakah berizin atau tidak serta material tersebut merusak atau tidak. "Jadi semuanya perlu pengkajian," ujarnya.

Untuk itu, katanya, semua pengkajian saat ini sedang dilakukan oleh tim Bapedalda Kabupaten di lapangan. Sementara, jika proyek tersebut nantinya resmi dibatalkan, material yang telah ditimbunkan ke danau, semuanya adalah tanggungjawab pemrakarsa (investor-red)

Sementara, Sekdakab Solok M Saleh usai rapat mengatakan, Pemkab Solok segera mempersiapkan surat yang berisikan agar pengerjaan proyek tersebut dihentikan, sesuai dalam hasil rapat yang dilakukan.

"Selama masih belum memenuhi aturan tidak boleh dilakukan pembangunan," ujarnya.

Ia mengatakan, sampai saat ini, pemerintah Kabupaten Solok belum satupun mengeluarkan surat izin proyek pembangunan di kawasan Danau Singkarak itu. Oleh karena itu, pihaknya akan segera memasang plang pemberhentian proyek. (dal)

Komentar

Berita Bisnis

Berita Kab. Solok

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker