MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2017-12-15 19:32 WIB

Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing

<p>Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing<p>

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, meminta kepada Pemerintah Nagari harus berinovasi kelola dana desa agar lebih maju dan memiliki daya...

BUMNag Bukit Bual Mandiri Meriahkan Expo Desa 2016

AI Mangindo Kayo | Rabu, 28-09-2016 | 10:42 WIB | 635 klik | Kab. Sijunjung
<p>BUMNag Bukit Bual Mandiri Meriahkan Expo Desa 2016<p>

Jajaran PCNU dan ISNU Sijunjung, meninjau stand BUMNag Bukit Bual Mandiri pada Expo Desa 2016 yang digelar Kementrian Desa di GOR Agus Salim Padang, Jumat-Minggu (23-25/9/2016). (istimewa)

VALORAnews - BUMNag Bukit Bual Mandiri, ikut memeriahkan agenda nasional Expo Desa 2016 yang digelar Kementrian Desa di GOR Agus Salim Padang, Jumat-Minggu (23-25/9/2016). Badan usaha milik nagari ini mengekspose Danau Hijau dan wisata air Sungai Pandan. Juga ditampilkan aneka kerajinan yang bisa jadi souvenir.

"Agenda seperti ini sangat dibutuhkan nagari, sebab beberapa potensi Nagari Bukit Bual perlu di ekspos di kancah nasional, seperti potensi wisata dan kuliner," ungkap Wali Nagari Bukit Bual, Otriwandi.

Kerajinan yang dipamerkan itu di antaranya Keripik Kemuning yang terbuat dari ubi jalar ungu, Keripik Ubi Manis, Peyek Bunga Pepaya dan Dendeng Pucuk Ubi. "Semua kuliner ini hampir semuanya berbahan baku ubi-ubian," katanya.


Selain itu, Nagari Bukit Bual juga mengekspos kios nagari yang menjual beberapa contoh baju hasil karya perantau anak nagari yang berdagang di perantauan. Hal itu juga guna untuk pengembangan unit Badan Usaha Milik Nagari Bukit Bual Mandiri.

"Nagari Bukit Bual, satu-satunya nagari yang ikut dalam acara Expo Desa 2016 yang secara mandiri dan profesional. Alhamdulillah hal ini terujud berkat binaan PC ISNU dan komunikasi baik PCNU Sijunjung dengan Kementrian Desa PDT yang menyuarakan nawacita Presiden kita yakni Membangun Indonesia Dari Pinggiran," ujar Otriwandi yang karib disapa Pak Wang.

Sementara, Ketua PCNU Sijunjung, Buya Bustamam Habib didampingi Pebriyaldi (sekretaris), Nofriadi Zulka (bendahara) besarta Agusnali (tokoh masyarakat Sijunjung) mengatakan, BUMNag Bukik Bual harus jadi garda terdepan dalam mengembangkan ekonomi nagari sehingga bisa mandiri.

"Kita mengajak semua pemangku kepentingan dan lapisan masyarakat, untuk kembali ke desa. Hal ini dijamin Permendes No 3 Tahun 2015 tentang Pendampingan Desa. Mari kita dampingi desa secara intensif, baik dari Pemerintahan Daerah, Ormas, Perguruan Tinggi dan LSM. Sebagaimana yang telah dilakukan PC ISNU Sijunjung di Nagari Bukit Bual ini," ajak Buya Bustamam Habib.

Ketua PC ISNU Sijunjung, Fadlur Rahman Ahsas merasa bangga, karena stand binaannya dikunjungi jajaran pengurus PCNU Sijunjung. Menurutnya, ini menambah spirit untuk mendedikasikan tenaga dan pikiran untuk membina BUMNag. "Pembinaan ini adalah sebuah bentuk tanggung jawab intelektual para sarjana yang tergabung di dalam Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU)," ungkapnya. (rls)

Komentar