MITRA VALORA NEWS

Kamis, 2017-10-19 00:42 WIB

Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran

<p>Empat Daerah Terindikasi Lakukan Pelanggaran, Irwan: Kita Layangkan Teguran<p>

VALORAnews -- Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno mengatakan, akan menindaklanjuti paparan Asisten Komisioner Bidang Pengaduan dan Penyelidikan Komisi...

Perjanjian Kinerja 2017 KPU Sijunjung, Taufiqurahman: Fokus Peningkatan Kapasitas Lembaga

AI Mangindo Kayo | Sabtu, 14-01-2017 | 18:26 WIB | 533 klik | Kab. Sijunjung
<p>Perjanjian Kinerja 2017 KPU Sijunjung, Taufiqurahman: Fokus Peningkatan Kapasitas Lembaga<p>

Sekretaris KPU Sijunjung, Irzal Zamzami menandatangani naskah perjanjian kinerja tahun 2017 disaksikan Taufiqurahman (ketua KPU Sijunjung/kanan), Jumat (13/1/2017). Perjanjian kinerja ini merupakan amanah 698/KPU/XII/2016 perihal Penyampaian Perjanjian Kinerja Tahun 2017 dan Laporan Kinerja Tahun 2016. (istimewa)

VALORAnews -- KPU Sijunjung menandatangani perjanjian kinerja tahun 2017. Kinerja yang disepakati tidak hanya yang dihasilkan atas kegiatan tahun sekarang, tetapi juga termasuk kinerja yang seharusnya terwujud akibat kegiatan tahun-tahun sebelumnya yaitu meningkatnya kapasitas lembaga penyelenggara pemilihan.

Perjanjian kinerja 2017 ini ditangantangani Ketua KPU Kabupaten Sijunjung, Taufiqurrahman dalam rapat pleno, Jumat (13/1/2017) di ruang rapat KPU Sijunjung. Selanjutnya, perjanjian kinerja diturunkan jadi perjanjian antara ketua KPU Sijunjung dengan sekretaris KPU Sijunjung, Irzal Zamzami. Berikutnya, sekretaris dengan para Kepala Sub Bagian di lingkungan KPU Sijunjung.

"Perjanjian kinerja tahun 2017 ini, merupakan amanah dari SE 698/KPU/XII/2016 perihal Penyampaian Perjanjian Kinerja Tahun 2017 dan Laporan Kinerja Tahun 2016. Secara yuridis, perjanjian kinerja merupakan satu tahapan dalam sistem akuntabilitas kinerja instansi pemerintah (SAKIP) yang termuat dalam Peraturan Presiden No 29 Tahun 2014 tentang Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah," kata Taufiqurrahman.


Ditambahkan Taufiqurrahman, SAKIP merupakan integrasi dari sistem perencanaan, sistem penganggaran dan sistem pelaporan kinerja yang selaras dengan pelaksanaan sistem akuntabilitas keuangan. Dalam hal ini, setiap organisasi diwajibkan mencatat dan melaporkan setiap penggunaan keuangan negara serta kesesuaiannya dengan ketentuan yang berlaku.

Produk akhir dari SAKIP itu LAKIP, yaitu Laporan Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan. LAKIP menggambarkan kinerja yang dicapai KPU Sijunjung atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai APBN. Sistem ini mengubah paradigma; berapa besar dana yang telah dan akan dihabiskan, jadi berapa besar kinerja yang dihasilkan dan kinerja tambahan yang diperlukan, agar tujuan yang telah ditetapkan pada akhir periode, bisa tercapai.

Rapat penandatanganan itu dihadiri seluruh komisioner KPU Sijunjung yaitu Lindo Karsyah, Atika Triana, Didi Cahyadi Ningrat dan Ade Yulanda serta para Kasubag dan staf di jajaran KPU Sijunjung. (rel/kyo)

Komentar

situspoker situspoker agenpoker daftarpoker reviewpoker pokerterbaru poker