MITRA VALORA NEWS

Rabu, 2017-12-13 15:32 WIB

OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna

<p>OPD Pemko Padang Dilatih Jitu Pasna<p>

VALORAnews - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Padang, kerap kesulitan memetakan kebutuhan korban pascabencana. Kerap, membutuhkan...

Renovasi Makam M Yamin, Irwan: Pemprov Siap Dukung Pemko Sawahlunto

AI Mangindo Kayo | Minggu, 22-01-2017 | 17:20 WIB | 274 klik | Kota Sawahlunto
<p>Renovasi Makam M Yamin, Irwan: Pemprov Siap Dukung Pemko Sawahlunto<p>

Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno, meletakan batu pertama renovasi makam M Yamin, Sabtu (21/1/2017) di Talawi, Kota Sawahlunto. (vebi rikiyanto)

"Kita mendukung langkah Pemko Sawahlunto yang memerhatikan dan menghargai pahlawan. Kita harus menghargai jasa pahlawan, selain itu agar memotivasi generasi selanjutnya dapat melanjutkan perjuangan dan cita-cita para pahlawan," ungkap Irwan, disela-sela peletakan batu pertama renovasi makam pahlawan nasional M Yamin di Talawi, Kota Sawahlunto.

Irwan juga berjanji, akan membantu Pemko Sawahlunto dalam melakukan renovasi ini. "Kita akan sediakan anggaran untuk renovasi ini. Kita juga akan ajukan ke pusat kalau diminta. Karena ini merupakan tanggung jawab kita bersama. Tapi, Sawahlunto tidak ada minta ke kita. Mungkin karena Sawahlunto daerahnya kaya," seloroh Irwan.

Dikatakan Irwan, M Yamin merupakan pahlawan nasional dari nagari Talawi, Kota Sawahlunto. Beliau ahli tatanegara, hukum pemerintah dan pakar hukum. Selama hidupnya, beliau sangat berjasa dalam perjuangan NKRI dan Tata Negara RI.


"Semua generasi penerus bangsa ini harus mau mempelajari, mengenal dan mengenang kiprah tokoh nasional di masa perjuangan kemerdekaan, agar bisa meresapi sulitnya merangkai kepingan komponen bangsa dalam mempersatukan, memerdekakan dan menggapai kedaulatan NKRI. Sehingga kita akan bersungguh-sungguh dalam menjaga persatuan bangsa dan mengisi periode pembangunan ini dengan hal yang bermanfaat."

Selanjutnya, Irwan juga mengimbau daerah lain, untuk meniru langkah Pemko Sawahlunto ini. Sehingga, publik bisa mengetahui pahlawan ataupun tokoh nasional yang berasal dari daerahnya itu. Di kesempatan tersebut, juga dilakukan Penanaman Pohon Sawo Kecik (manilkara kauki) Irwan Prayitno, Walikota Sawahlunto, Kapolres Sawahlunto, Kajari, Dandim dan Dandenpom 1-4 Padang.

Seusai peletakkan batu pertama, Irwan juga meresmikan penggunaan balai adat Talawi. Acara ini juga dihadiri Raja Pagaruyung, Duli Paduka Sultan Bagagarsyah. (vri)

Komentar