MITRA VALORA NEWS

Minggu, 2017-12-17 17:15 WIB

Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol

<p>Kemendagri Diminta Seragamkan Lembaga Teknis Daerah Kesbangpol<p>

VALORAnews - Rapat Koordinasi Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) se-Sumatera Barat berakhir, Sabtu (16/12/2017). Dalam rapat koordinasi selama...

Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata

AI Mangindo Kayo | Senin, 30-01-2017 | 10:49 WIB | 393 klik | Kab. Dharmasraya
<p>Candi Padang Roco Sudah Layak Jual, Wagub: Masukan ke Kalender Wisata<p>

Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit bersama St Riska Tuanku Kerajaan (bupati Dharmasraya) serta pihak terkait lainnya, foto bersam di depan kompel Candi Padang Roco di di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Sabtu (28/1/2017). (humas)

VALORAnews - Pemprov Sumbar dan Pemkab Dharmasraya akan menjadikan Komplek Percandian Padang Roco, jadi destinasi wisata Sumbar untuk kunjungan wisata domestik dan mancanegara. Lokasinya akan dipercantik dengan terus mengembalikan bentuk aslinya.

"Pemugaran demi pemugaran untuk mendapatkan bentuk dan jumlah peninggalan candi yang lengkap terus diupayakan. Di titik candi yang terletak di Pulau Sawah yakni sebelah Barat Padang Roco, kini tengah di pugar oleh Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Batusangkar," ungkap Wakil Gubernur Sumbar, Nasrul Abit saat berkunjung ke Komplek Percandian Padang Roco, di Kenagarian Siguntur, Kecamatan Sitiung, Sabtu (28/1/2017).

Nasrul Abit yang datang dengan istri, dan Dinas Pariwisata serta lainnya, disambut Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan.


"Tim sudah bekerja, lokusnya sudah ada. Mudah-mudahan ditemukan situs yang baru," ungkap mantan bupati Pessel dua periode itu.

Menurutnya, situs ataupun cagarbudaya yang ada di Dharmasraya memang perlu dibuka dan diperkenalkan pada publik. Pasalnya, dia tidak ingin wisata situs ataupun peninggalan kuno hanya bertolak di Tanahdatar saja. Apalagi, situs di Dharmasraya jauh lebih tua.

"Kita tidak mau kiblat wisata cagarbudaya hanya di Tanahdatar saja. Sementara di Dharmasraya juga sangat banyak. Pemerintahan akan bantu, bagaimana mempromosikan sehingga Komplek Percandian Padang Roco dapat dikenal sehingga menjadi destiwisata di Sumbar," ujarnya.

Nasrul dalam kesempatan itu juga memerintahkan kepada Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Provinsi Sumatera Barat, untuk memasukkan Candi Padang Roco masuk dalam kalender wisata Sumatera Barat.

"Kadis pariwisata, tolong ini. Padang Roco dimasukkan dalam kalender wisata Sumbar dan tolong juga ini dipromosikan," tegasnya.

Dia melihat, apa yang telah dilakukan pimpinan daerah telah baik. Hal itu dilihat dari pembenahan Jalan masuk yang sudah sangat baik. "Untuk wisata sudah layak, jalannya bagus. Tinggal lagi bagaimana proses pemugaran. Penjagaan. Kalau bisa ga boleh diinjak. Takut rusak," ungkapnya.

Semenntara, Sutan Riska Tuanku Kerajaan memang membidik pembenahan Candi Padang Roco sebagai program Dinas Pariwisatanya. Untuk itu, berbagai pembenahan seperti pemulusan jalan masuk, perbaikan infrastruktur seperti, toilet, jalan setapak dan taman.

"Selain pendidikan, pariwisata juga menjadi program kita. Candi Padang Roco menjadi salah satunya. Karena memang Dharmasraya dengan Candi Padang Roco sudah menjadi sorotan dunia," sebutnya.

Duplikat Arca Bhairawa

Membentuk komplek seperti dulu kala, maka salah satunya dengan mengembalikan patung Arca Bhairawa yang saat ini tersimpan di Museum Nasional Jakarta. Namun, karena hal itu dinilai tidak mungkin, maka Nasrul menyarankan untuk membuat duplikat Arca Bhairawa.

"Yang di museum tentu tidak bisa dikembalikan. Namun untuk menempatkan Arca Bhairawa kembali ke sini, tidak ada masalah. Kita buat duplikasinya. Apalagi pematung yang terkenal di Jogya adalah orang Minang. Jadi tidak ada masalah," ungkapnya.

Ide itu diamini Bupati Dharmasraya Sutan Riska Tuanku Kerajaan. Untuk mewujudkan itu maka dia berjanji pihaknya akan berkoordinasi dengan pemprov. "Dari dulu memang kita mau duplikat Arca Bhairawa. Untuk itu Pemkab, Pemprov dan Kementerian akan bekerjasama. Mudah-mudahan dengan ini Candi Padang Roco akan dikenal dan menjadi destinasi wisata yang baik di Sumbar," sebutnya. (rls/kyo)

Komentar

Berita Kab. Dharmasraya