MITRA VALORA NEWS

Jumat, 2017-12-15 19:32 WIB

Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing

<p>Porsi Dana Desa Makin Besar, Abdul Rahman: Ayo Tingkatkan Daya Saing<p>

VALORAnews - Pemerintah Kabupaten Solok Selatan, meminta kepada Pemerintah Nagari harus berinovasi kelola dana desa agar lebih maju dan memiliki daya...

Jelang Pilkada Pariaman

PAN dan PBB Siap Dukung Genius Umar

AI Mangindo Kayo | Jumat, 03-02-2017 | 17:59 WIB | 999 klik | Kota Pariaman
<p>PAN dan PBB Siap Dukung Genius Umar<p>

Pimpinan PBB dan PAN Kota Pariaman bersama Genius Umar (Wawako Pariaman) dan Isa Kurniawan (pengurus PAN Sumbar), berdialog santai di sebuah warung di Sikapak, Pariaman, Kamis (2/1/2017) malam. (istimewa)

VALORAnews - Pengurus dua partai politik di Kota Pariaman, PAN dan PBB mulai berkomunikasi soal figur yang akan diusung di pemilihan serentak 2018. Dua orang pimpinan partai yang hadir dalam pertemuan informal itu, Priyaldi (ketua DPD PAN Pariaman) dan Remon (sekretaris DPC PBB Pariaman), mulai menjajaki rencana koalisi.

"Kita di PAN akan membangun komunikasi politik yang seluas-luasnya dengan parpol lain, untuk membangun koalisi termasuk dengan PBB yang sudah tidak asing lagi bagi PAN. Karena, di DPRD Pariaman kita satu fraksi," ujar Priyaldi mengenai pertemuan informal yang mereka gelar Kamis (2/1/2017) malam di Sikapak.

PAN dan PBB di DPRD Pariaman, tergabung dalam satu fraksi dengan nama Fraksi Bulan Bintang Amanat. Jadi secara chemistry-nya PAN dan PBB sudah satu keluarga. "Membangun Pariaman itu harus dengan kebersamaan. Tidak satu pun parpol di DPRD Pariaman, yang bisa mengusung secara tunggal mengusung pasangan calon. Harus membangun koalisi," sambung Remon.


Pada pemilu 2014 lalu, di DPRD Pariaman PBB mendapatkan 3 kursi, sementara PAN 2 kursi. Dengan 5 kursi yang ada itu, sudah memenuhi syarat untuk mengusung pasangan calon walikota/wakil walikota Pariaman periode 2018-2023.

Jumlah anggota di DPRD Pariaman sebanyak 20 orang. Syarat mengusung pasangan calon, parpol atau gabungan parpol baru harus memiliki 20 persen kursi di parlemen (4 kursi). Komposisi parpol di DPRD Pariaman yakni Partai Golkar 3, Gerindra 3, NasDem 3, PBB 3, PAN 2, Hanura 2, PPP 2, PKS 1 dan PDI Perjuangan 1.

Turut hadir dalam pertemuan informal tersebut, Genius Umar yang juga Wakil Walikota Pariaman yang digadang-gadang untuk menjadi Walikota Pariaman ke depan, pengurus PAN Sumbar Isa Kurniawan dan tokoh masyarakat Pariaman lainnya.

Dalam diskusi santai itu, PAN dan PBB sama-sama mengutarakan niatnya untuk mendukung Genius di Pilkada Pariaman 2018. Apalagi, walikota petahana, Mukhlis Rahman sudah tidak bisa dicalonkan lagi karena sudah dua periode menjabat walikota. Terbuka peluang bagi Genius untuk melanjutkan pembangunan Pariaman yang telah dirintis Mukhlis Rahman selama 10 tahun terakhir.

Di masa kepemimpinan Mukhlis Rahman-Genius Umar, kurang lebih 3,5 tahun ke belakang, telah banyak perubahan yang terjadi di Pariaman, khususnya di bidang pariwisata, pendidikan dan semarak keagamaan.

Pembenahan infrastruktur pariwisata yang telah dilakukan sangat memberi arti bagi meningkatnya kunjungan wisatawan ke Pariaman. Begitu juga dengan pembangunan lainnya, di antaranya syiar keagamaan semakin meningkat melalui program "Maghrib Mengaji."

Di samping PAN dan PBB, lanjut Priyaldi, selanjutnya akan dibangun komunikasi yang intens dengan parpol lainnya yang ada di Pariaman. "Mudah-mudahan, kita bisa membangun kebersamaan untuk Pariaman yang lebih baik ke depan," pungkas Priyaldi yang juga sekretaris LKAAM Pariaman yang sukses menggelar acara batagak gala beberapa waktu lalu. (rls/kyo)

Komentar

Berita Metro

Berita Kota Pariaman